www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten

Setelah Lepas Status Ibu Kota, Jakarta Diminta Gabung ke Provinsi Banten

0
HUT Serang__Yadi__Eko

JAKARTA – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Banten, Al Muktabar mengemukakan wacana wilayah Jakarta jadi bagian dari Provinsi Banten saat Jakarta nanti tidak lagi jadi Ibu Kota RI.

Saat Jakarta tak lagi jadi ibu kota, menurut Al Muktabar maka status keistimewaan atau kekhususannya lepas.

“Keistimewaanya lepas, maka kami akan mengajukan DKI Jakarta adalah bagian dari Provinsi Banten,” kata Al Muktabar saat menjadi salah satu pembicara dalam Seminar Nasional Pengembangan SDM di Gedung Lemhanas, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Pernyataan Al Muktabar pun langsung disambut tepuk tangan riuh dari peserta seminar yang hadir. Bahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga turut menjadi salah satu pembicara tak luput tertawa dan bertepuk tangan saat mendengar pernyataan spontan dari Sekda Banten itu.

Al Muktabar bahkan meminta agar pihak Lemhanas bisa mendukung keinginan Banten mengajak DKI bergabung dengan provinsinya.

“Mumpung lagi di Lemhanas kita sedang berdiskusi terkait bonus demografi, mengaitkannya dengan rencana pindahnya ibu kota negara. Kalau mungkin Lemhanas bisa men-support, kita pengkajian (Jakarta pindah ke Banten),” katanya.

Dia bahkan telah memperhitungkan kemungkinan dana APBD yang bisa dikelola pihaknya jika memang Jakarta bergabung dengan Banten. Kata dia, ada sekitar Rp77 Triliun dana APBD yang bisa dikelola oleh pihaknya.

Dengan dana sebesar itu, Banten kata Al Muktabar bisa menghadapi bonus demografi yang diprediksi memasuki puncaknya pada 2025-2040 nanti.

“Dengan kita miliki wilayah DKI, maka Rp77 triliun akan kita kelola dengan benar. Kita tentunya dengan bonus demografi sebesar apapun kita siap hadapi,” kata dia.

Lebih lanjut, ia juga menyebut telah mulai mempersiapkan sejumlah daerah baik yang berdekatan dengan kawasan pesisir atau pun daerah pegunungan di Banten. Hal ini dilakukan Banten demi menyambut bergabungnya Jakarta ke Provinsi Banten.

“Kita siap kalau nanti DKI Jakarta menjadi bagian dari Provinsi Banten. Saya ingin berdiskusi lebih teknis dan masukan dari bapak ibu yang akan saya catat. Akan saya sampaikan ke Pak Gubernur Banten,” katanya. (*/CNN)

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Advert

error: www.faktabanten.co.id