Ketum PB Mathla’ul Anwar Dukung Banten-Jakarta Jadi Satu Provinsi

SERANG – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Mathla’ul Anwar, KH Embay Mulya Syarief mendukung Banten dan Jakarta menjadi satu provinsi jika Ibu Kota Negara pindah ke Ibu Kota Nusantara IKN di Kalimantan Timur.

Munculnya wacana pembentukan Provinsi Baja (Banten-Jakarta) mencuat setelah Undang-undang tentang Ibu Kota Negara (IKN) disahkan DPR RI dan Pemerintah.

“Insyaa Allah siap mendukung. Saya pernah bicarakan wacana tersebut dengan Pj Gubernur sekitar dua bulan yang lalu,” kata KH Embay kepada Fakta Banten, Selasa (9/5/2023).

Tokoh Banten ini mengulas bagaimana sejarah Jakarta dan Banten pada masa kesultanan. Kedua wilayah tersebut sebutnya, sangatlah beririsan.

“Jakarta itu semula merupakan wilayah Banten yang dipimpin oleh seorang Adipati yaitu Pangeran Wijaya Kusuma. Ketika Kesultanan Banten dihapuskan oleh Belanda dan kemudian ditetapkan menjadi Karesidenan,” ungkapnya.

“Karesidenan Banten dengan Ibukota di Serang, Karesidenan Jakarta dengan Ibu kota Purwakarta. Jadi wajar jika Jakarta bergabung kembali ke Provinsi Banten,” sambungnya.

Embay menyebut, jika wilayah Kesultanan Banten itu sangatlah luas. di antaranya wilayah Utara berbatasan dengan Kesultanan Cirebon di Pamanukan, di Selatan berbatasan dengan Kesultanan Mataram di Bagelen Banyumas.

“Di Barat berbatasan dengan Kesultanan Palembang Darussalam di Bengkulu. (lihat peta kuno),” terangnya. (*/Faqih)

BajaEmbay Mulya SyarifKetum PBMAMathla'ul Anwar (MA)Penggabungan Banten JakartaProvinsi Baja
Comments (0)
Add Comment