Melihat Makam Keramat Syekh Maulana Maghribi di Pandeglang

 

PANDEGLANG – Sebuah makam keramat dan tempat wisata religi yang sering banyak dikunjungi peziarah bernama Syekh Maulana Maghribi yang berada di Kampung Kumalirang, Kelurahan Kabayan, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang Banten.

Pemerhati Budayawan Pandeglang, Ajie Quinn mengatakan, terkait cerita Syekh Maulana Maghribi ini lebih banyak kepada cerita rakyat pada jaman dahulu sejak abad ke-12 oleh para tokoh dan ulama yang ada di Pandeglang.

“Cerita Syekh Maghribi ini lebih banyak dikiblatkan kepada cerita rakyat khususnya cerita dari tokoh maupun ulama di Pandeglang,” katanya, Jumat, (24/3/2023).

Ajie Quinn mengungkapkan, bahwa Syekh Maulana Maghribi ini berasal dari negeri Maroko atau tataran Nusantara pada umumnya.

“Konon ceritanya Syekh Maulana Maghribi ialah waliulallah atau khalifah yang diutus untuk menyebarkan agama Islam di Nusantara,” ungkapnya.

Dikatakannya, bahwa makam keramat Syekh Maulana Maghribi ini diketemukannya oleh para ulama yang salah satunya Kiyai Abdul Halim Kadu Pesing Pandeglang.

“Makam ini berawal ditemukannya oleh tokoh ulama dengan keadaan sudah seperti ini, dulu tempat ini hutan penuh dengan pohon besar,” kata Ajie Quinn.

Kebanyakan yang berkunjung ke makam keramat ini dari berbagai daerah untuk mendoakan yang sudah tiada dengan berbagai niat tujuan tertentu.

Ajie Quinn berharap, orang datang untuk ziarah mendoakan ahli kubur serta menghargai dan mencontohkan perilaku kebaikannya dalam perjuangannya menyebarkan agama Islam khususnya di Pandeglang Banten.

“Terutama dari prespektif budaya yah kita ingin ini tidak menjadi kemusyrikan yah ini menjadi wisata religi yang betul-betul Islami dan religi secara prespektif sejarah,” pungkasnya. (*/Gus)

Comments (0)
Add Comment