BPJS Jalin Kerjasama dengan Pemdes, Desa Harjatani Jadi Pilot Project

SERANG – Desa Harjatani Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, jadi pilot project kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintahan Desa.

Program ini adalah untuk melibatkan aktif pemerintah desa dalam mencapai target universal health coverage (UHC) kepesertaan JKN-KIS.

Menurut Kepala Cabang BPJS Kesehatan Serang, Sofyeni, Desa Harjatani dipilih karena cakupan kepesertaan JKN-KIS yang sudah melebihi ketercapaian tingkat kabupaten dan nasional.

“Desa Harjatani sudah mencapai 82 persen, di atas rata-rata kepesertaan di Kabupaten Serang yang 70 persen lebih, dan untuk mencapai UHC Desa Harjatani tinggal 13 persen saja,” terang Sofyeni di sela acara penandatanganan kerjasama di Kantor Desa Harjatani, Senin (6/8/2018).

Pemerintah desa menurut Sofyeni harus juga turut andil dalam menyukseskan program cakupan semesta ini.

“Masalah ini bukan saja tanggung jawab BPJS namun juga masyarakat termasuk pemerintah daerah hingga tingkat desa,”terangnya.

Pilot project ini dirancang untuk bisa mengoptimalkan pelayanan BPJS hingga di tingkat yang paling dekat dengan masyarakat, sehingga capaian semesta bisa segera terwujud dan menjadi contoh daerah lain.

“Kerjasama ini juga memungkinkan pelayanan bisa dilakukan di tingkat desa, masyarakat bisa membuat pengajuan kartu, kolektif pembayaran dan cetak kartu juga bisa disini, jadi tidak harus repot-repot ke kantor kami,”jelasnya.

Sementara itu program kerjasama ini juga disambut baik oleh pihak Pemerintah Kecamatan Kramatwatu.

Diterangkan Camat Kramatwatu, Wawan Setiawan, pihaknya akan senantiasa mendukung program tersebut karena menurutnya dengan semakin diekatkannya pelayanan bisa membantu masyarakat.

“Kerja beres masyarakat bisa terlayani dengan baik, kita juga akan mensosialisasikan program ini ke desa-desa yang lain,”terangnya pada kesempatan yang sama.

Selain itu menurutnya, dengan pelayanan BPJS Kesehatan yang bisa dilakukan di Desa Harjatani bisa diakses oleh masyarakat sekitar termasuk masyarakat yang tinggal berdekatan dengan daerah tersebut.

“Dari Mancak, Gunungsari juga bisa melakukan pelayanan disini,” katanya.

Menyambut baik program tersebut, Kades Harjatani, Mastari akan semakin menggiatkan program-program sosialisasi agar seluruh warganya bisa tercover program jaminan kesehatan tersebut.

“Kami dari pihak desa sangat mendukung dengan program ini, kami juga akan menyampaikan kepada masyarakat melalui RT, RW dan tokoh masyarakat sehingga dalam waktu dekat semua bisa ikut, ” terangnya.

Ia juga bersyukur BPJS Kesehatan telah menetapkan daerahnya sebagai desa JKN-KIS, “saya sangat bangga dengan predikat ini, semoga ke depannya bisa lebih membantu masyarakat,” tukasnya.(*/Yosep).
[socialpoll id=”2513964″]

BPJSDesa Harjatani
Comments (0)
Add Comment