Sate Manis Gerendeng, Kuliner Pinggiran Cisadane Tangerang yang Cocok Dicoba Saat Berlibur

TANGERANG – Jika membahas kuliner tanah air, tentu tak ada habisnya untuk kita bahas. Karena setiap daerah kita akan menemukan beragam menu makanan khas menarik dengan rasa yang kuat dengan bumbu rempah-rempah.

Apalagi pada momen lebaran Idul Fitri, sajian makanan khas daerah biasanya menjadi menu favorit untuk melepas kerinduan bersama keluarga.

Seperti kuliner populer di Kota Tangerang yang akan kita bahas kali ini.

Ternyata selain Laksa, ada juga kulineran di Kota Tangerang yang wajib dicoba saat momen liburan seperti saat ini. Adalah sate manis khas Gerendeng, menu ini juga dapat ditemui di Pasar Jajan Teras Cisadane.

Sate ini berbeda dengan sate kebanyakan, karena daging satenya sudah menggunakan bumbu saat dibakar.

Rasa manis yang terasa dari sate daging sapi ini berasal dari bumbu rempah resep turun temurun dari keluarga Haji Yunus.

Bumbu khasnya sangat meresap ke dalam daging sate yang ditusuk-tusuk itu. Sebab, proses pembuatan sate ini yaitu dagingnya direndam lebih dulu selama hampir dua jam.

Haji Yunus pemilik kedai Sate Manis Gerendeng menjelaskan, setelah direndam dan siap dibakar, sate tidak menggunakan bumbu ataupun campuran lainnya. Seporsi sate disajikan bersama nasi atau ketan.

Sate manis ini adalah makanan tradisional yang terbuat dari daging sapi pilihan seperti daging kepala sapi yang memiliki tekstur kenyal dan lembut saat digigit.

Sate ini memiliki bumbu yang berbahan dasar gula merah cair yang dicampur dengan bawang putih yang dihaluskan ketumbar halus, merica halus, serta bumbu penyedap lainnya.

“Ini resep keluarga rasanya berbeda dengan sate lainnya. Seporsi sate manis berisikan lima tusuk sate dibanderol dengan harga Rp25 Ribu, ditambah nasi  Rp5 ribu ataupun bisa diganti dengan ketan perpotong Rp2,5 Ribu,” ungkap Haji Yunus dikutip dari Website Pemkot Tangerang, Minggu (23/4/2023).

Dipastikan, setiap pengunjung akan menikmati manisnya sate Haji Yunus dengan nuansa Betawi, sekaligus menikmati keindahan Sungai Cisadane kebanggaan Kota Tangerang. (*/Rizal)

 

Kota TangerangKulinerMakanan KhasSateSungai CisadaneWisata Kuliner Banten
Comments (0)
Add Comment