Forum Bisnis Cilegon dan Serang Siap Kembangkan UMKM di Tengah Pandemi

 

CILEGON – Seragon Bussiness Forum diselenggarakan pertama kalinya di Aston Cilegon Boutique Hotel pada Rabu, (15/12/2021).

Dengan mengangkat tema Akselerasi Bisnis di Era Pandemi, acara ini diikuti oleh beragam forum bisnis yang ada di Serang dan Cilegon.

Narasumber pada acara kali ini menghadirkan Helldy Agustian selaku Walikota Cilegon, Doddy Fathurahman (General Manager Aston Anyer-Cilegon-Serang, Chairman IHCMA Chapter Banten), Gunadi Wirawan (Pimpinan Project Citra Garden BMW) dan Yuliawan Andri (Kepala Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) Cilegon) sebagai Moderator.

Helldy Agustian dalam sambutannya mengungkapkan akan mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang ada di Kota Cilegon.

“Kita baru mau buka yang namanya Car Free Night itu di sepanjang landmark sampai dengan alun-alun, kemudian tahun 2022 di Lingkar Selatan itu kami akan bangun yang namanya Pusat Sentralisasi UMKM Kota Cilegon,” ucap Helldy.

Diadakannya forum ini untuk membahas ekonomi di Cilegon dan Serang yang sedang perbaikan di masa pandemi untuk networking dan kolaborasi bersama. Pasalnya dengan networking akan membuat semua sektor saling terhubung.

“Artinya kita beraama-sama sharing satu sama lain apa-apa yang menjadi kepentingan bersama. Syukur-syukur kita bisa berkolaborasi atau berpartner satu sama lainnya,” tutur Doddy.

Doddy menuturkan bahwa tahun 2021 ini masyarakat dan pemerintah telah siap dan terbiasa hidup berdampingan dengan Covid-19, sehingga semua pihak diharapkan mampu untuk menyesuaikan diri dengan keadaan pasar saat ini.

“Tahun 2020 kita pandemi itu benar-benar drop, dengan adanya vaksin telah hampir semuanya awal 2021 itu luar biasa sekali perkembangannya,” ucap Doddy.

“Nah kalau dari perumahan sendiri, jujur saya katakan bawa tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2021, 2021 itu sudah mulai recovery,” jelas Doddy.

Di tempat yang sama, Gunadi berharap semua pihak tetap mematuhi protokol kesehatan supaya bisa meredam kasus Covid-19 dan memulihkan ekonomi daerah.

“Tentunya kita berharap, setelah pandemi ini akan semakin baik, tapi itu tadi bagaimana kita tetap menjaga protokol kesehatan sehingga kita bisa berupaya menekan kasus Covid dan kita bisa bergerak lebih baik lagi,” ucap Gunadi.

Di sesi diskusi, Andri selaku moderator mengungkapkan harapannya agar semua forum bisnis terkait dapat berkolaborasi satu sama lain.

“Dengan kegiatan ini kan kita mengharapkan adanya sinergi dan berkolaborasi, tapi ending dari ini semua adalah bagaimana bisnis matching. Bagaimana mematchingkan antara bisnis yang satu dengan bisnis yang lain. Bagaimana menyatukan perusahaan yang satu dengan yang lain,” tambahnya.

“Makanya tadi sejalan dengan apa yang disampaikan Pak Wali Kota, bagaimana mengembangkan UMKM, ya tentunya roda perekonomian itu kan nanti akan bergerak, tim dari forum bisnis Seragon ini akan mensupport itu, baik dari sisi perbankan, perhotelan, kemudian dari sisi developernya, banyak di forum bisnis Seragon ini yang akan membantu mengembangkan UMKM di Kota Cilegon,” pungkas Andri. (*/Selly)

Comments (0)
Add Comment