Menangi Pilpres Rusia, Putin Warning NATO

 

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (18/3/2024) melontarkan peringatan keras terhadap NATO tentang potensi nyata dari Perang Dunia III.

Peringatan ini disampaikan setelah dia menang telak dalam pemilihan presiden (pilpres) Rusia dengan meraih lebih dari 87 persen suara.

Perang Rusia-Ukraina, yang pecah sejak 24 Februari 2022, telah memicu krisis terdalam dalam hubungan Moskow dengan Barat sejak Krisis Rudal Kuba tahun 1962.

Putin telah sering memperingatkan risiko perang nuklir namun mengatakan dia tidak pernah merasa perlu menggunakan senjata nuklir di Ukraina.

Bulan lalu mengatakan dia tidak bisa mengesampingkan pengerahan pasukan darat di Ukraina di masa depan, karena banyak negara Barat yang menjauhkan diri dari hal tersebut.

Beberapa negara NATO, terutama di Eropa Timur, menyatakan dukungan atas gagasan Macron.

Ketika ditanya oleh Reuters tentang pernyataan Macron dan risiko serta kemungkinan konflik antara Rusia dan NATO, Putin menjawab: “Segala sesuatu mungkin terjadi di dunia modern.”

“Jelas bagi semua orang, bahwa ini akan menjadi selangkah lagi dari Perang Dunia III yang berskala penuh. Saya pikir hampir tidak ada orang yang tertarik dengan hal ini,” kata Putin.

Namun Putin menambahkan bahwa personel militer NATO sudah hadir di Ukraina, dan mengatakan bahwa Rusia telah menggunakan bahasa Inggris dan Prancis untuk digunakan di medan perang.

“Tidak ada hal baik dalam hal ini, pertama-tama bagi mereka, karena mereka tewas di sana dan dalam jumlah besar,” katanya. (*/Sindonews)

 

Comments (0)
Add Comment