Bupati Lebak Dukung Peluncuran Kartu Tani oleh Kementerian Pertanian RI

LEBAK – Kementerian Pertanian RI akan segera meluncurkan Kartu Tani sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani dalam memenuhi kebutuhan sarana produksi pertanian. Rencana tersebut tentu sangat disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Lebak.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya membuka Sosialisasi Kartu Tani dan menyerahkan secara simbolis bantuan Handtraktor APBD II Th 2017 di Aula Multatuli Pemkab Lebak, Selasa (6/6/17).

Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, memonitor penyaluran pupuk bersubsidi yang anggarannya menggunakan APBN.

Kepada pihak terkait khususnya Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bupati Iti berpesan agar memastikan penyaluran kartu tani di Kabupaten Lebak tepat sasaran, sehingga para petani dapat terbantu dalam menjalankan kegiatannya seperti kredit usaha rakyat, penyediaan pupuk hingga pengumpulan hasil panen.

Dalam sosialisasi tersebut Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya juga berharap para petani nantinya dapat lebih dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan produksinya.

“Ini sangat luar biasa, saya selaku Bupati Lebak mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Pertanian yang telah berupaya memikirkan kesejahteraan para petani di Negara kita,” ujar Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya.

Sementata itu Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar mengatakan, Kartu Tani tersebut rencananya akan diresmikan atau akan dilaunching oleh Presiden RI pada tanggal 17 Agustus 2017 mendatang.

“Tujuan Kartu Tani, untuk digunakan membeli berbagai jenis sarana produksi seperti pupuk bersubsidi dan lain sebagainya yang berkaitan dengan sarana produksi pertanian, sehingga siapapun yg memiliki kartu ini para petani, akan dimudahkan,” katanya.

“Kartu tani ini dirilis oleh Kementerian Pertanian RI yang bekerjasama dengan Bank BTN, jadi tidak menutup kemungkinan kedepannya kartu tani ini dapat menjadi kartu multiguna yang dapat digunakan oleh para petani,” imbunya. (*)

Bupati LebakKartu TaniKementan RI
Comments (0)
Add Comment