Seba Baduy 2023 Diterima Bapak Gede

SERANG – Ribuan masyarakat Baduy sudah tiba di Kota Serang, sekitar pukul 09.00 WIB, Sabtu, (29/4/2023). Kedatangan mereka untuk melaksanakan ritual Seba kepada Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar selaku Bapak Gede.

Sebelumnya, warga Baduy sudah melaksanakan ritual Seba kepada Bupati Lebak, Iti Oktavia Jayabaya, pada Jumat, (28/4/2023) kemarin.

Sebelum ritual Seba, warga Baduy transit dan istirahat di halaman Gedung Juang 1945 Kota Serang. Selama transit, mereka disuguhi berbagai atraksi kesenian khas Banten.

Dalam melaksanakan Seba, warga Baduy Luar menggunakan kendaraan. Sedangkan warga Baduy Dalam berjalan kaki dari Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak.

Seba merupakan tradisi yang dilakukan warga Baduy dalam rangka menyampaikan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah, dalam kurun waktu satu tahun. Seba Baduy ini rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan prosesi silaturahmi antara masyarakat suku Baduy dengan Pemerintah setempat. Seba Baduy dilakukan di dua tempat, yaitu di Pendopo Kabupaten Lebak dan di Pendopo Gubernur Serang, Banten.

Dijadwalkan, warga Baduy juga akan diterima Bupati Serang Rt Tatu Chasanah di Pendopo Kabupaten Serang usai ritual Seba ke Penjabat Gubernur Banten. (*/Faqih)

Al MuktabarBaduyPj Gubernur BantenSeba Baduy
Comments (0)
Add Comment