Waduh, Ribuan KIP Tersegel Ditemukan di Lapak Pengepul Rongsok di Rangkasbitung

 

LEBAK – Ribuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dengan kondisi masih baru ditemukan di lapak rongsokan, Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten.

KIP itu diduga tidak didistribusikan dan dijual ke pengepul barang bekas.

Kasat Reskrim Polres Lebak Iptu Andi Kurniady mengatakan ribuan KIP itu masih terbungkus rapih di dalam sejumlah kardus dan karung.

“Masih baru semua kartunya itu. Iya masih tersegel. Kita belum bongkar semua, beberapa kartu yang bisa kita lihat mah KIP,” kata Andi dikonfirmasi, Kamis (6/4/2023).

Dari penelusuran polisi di lokasi, kata Andi, KIP itu seharusnya didistribusikan ke wilayah Pandeglang. Tapi tidak tertutup kemungkinan ada kartu dengan tujuan wilayah lain.

“Saya sempat baca beberapa, kayanya tujuannya Pandeglang. Saya baca 10 sampel mah Pandeglang,” tuturnya.

Andi menjelaskan ribuan kartu itu bisa sampai ke lapak rongsokan karena dijual ke pengepul. Peristiwanya terjadi akhir bulan Maret lalu.

“Info sementara dia (pengepul) nerima barang kertas-kertas dari orang yang bawa losbak. Alasan dia (pengepul) kan yang penting nerima barang, karena kertas jadi diterima,” jelasnya.

“Menurut keterangan dari pemilik lapak mah dia terima kertas-kertas itu 10 hari lalu,” sambungnya.

Polisi akan menindaklanjuti penemuan ribuan KIP di lapak rongsokan. Ada 3 kardus berisi KIP dan sejumlah map yang sudah diamankan untuk proses penyelidikan.

Polisi juga akan memeriksa sejumlah pihak dari bank dan instansi yang mengeluarkan KIP tersebut.

“Rencana kita periksa pihak terkait, baik dinas, atau pihak yang mengeluarkan kartu dan pihak bank,” pungkasnya. (*/Detik)

KIPlapak RongsokRangkasbitung
Comments (0)
Add Comment