Ini Tempat-tempat yang Wajib Disinggahi di Ujung Kulon, Salah Satunya Penuh Misteri

PANDEGLANG – Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), merupakan salah satu surga destinasi wisata di Provinsi Banten dan recomended untuk anda kunjungi di saat liburan.

Terletak di ujung barat Pulau Jawa, taman nasional pertama di Indonesia ini memiliki keindahan yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya di dunia.

Selain badak jawa (Rhinoceros sondaicus), Ujung Kulon juga memiliki banyak tempat menarik dan dijamin mempesona mata.

Berikut destinasi di Taman Nasional Ujung Kulon yang wajib anda kunjungi;

1. Pulau Handeleum

Salah satu pulau di wilayah Utara semenanjung ini merupakan suaka bagi beberapa hewan khas di Taman Nasional Ujung kulon seperti rusa, babi hutan dan burung merak.

Vegetasi mangrove mendominasi di pulau ini, selain itu pesona laut dan suasana pantai jadi juara di sini.

2. Sungai Cigenter

Di sini, kita seperti berada di Sungai Amazon, air sungai yang tenang dengan rimbunnya vegetasi alam di pinggirannya membuat suasana asri khas pedalaman hutan tropis.

Selain menikmati pemandangan sungai, di sini juga terdapat padang penggembalaan tempat hidup banteng, rusa, macan dan si primadona badak jawa.

3. Tanjung Layar

Menjorok langsung ke ujung Pulau Jawa, Tanjung Layar memiliki eksotisme yang sangat menawan, deretan bukit batu besar, padang rumput dan peninggalan sejarahnya menyatu menjadi pesona di tempat ini.

Bukan saja view-nya yang menawan, di tempat ini pengunjung bisa menikmati sisa-sisa peninggalan jaman Kolonial Belanda.

4.Cibunar

Bergeser ke Selatan, Pesona di wilayah ini tidak kalah dengan yang ada di Utara, karakteristik pantai Selatan terukir di garis pantai yang membentang di daerah ini.

Cibunar adalah salah satu blok di Taman Nasional Ujung Kulon yang memiliki keindahan khas pantai Selatan, tebing batu yang dikombinasikan dengan padang penggembalaan membuat seperti suasana Britania.

Cibunar juga memiliki sunrise yang indah, matahari langsung menyeruak dari laut Selatan yang eksotis dengan gelombang dan batu-batu besarnya.

5.Kalejetan

Masih di wilayah Selatan, Kalejetan memiliki suasana yang cocok bagi anda pecinta laut, hamparan pasir putih, padang penggembalaan serta satwa-satwanya dan hutan pantai menjadi suguhan panorama yang wajib anda nikmati di TNUK.

Selain itu ada misteri yang hingga kini belum terpecahkan di wilayah ini, yaitu jangkar besar yang menancap di sisi laut Kalejetan.

Bukan saja karena ukurannya yang terlampau besar, posisi arah menancap jangkar yang menghadap ke arah laut membuat banyak spekulasi atas menancapnya jangkar tersebut.

Ada yang beranggapan jika jangkar tersebut sisa letusan Gunung Krakatau yang menghempaskan kapal yang sedang berlabuh dan kembali terhempas ke lautan, dan ada pula spekulasi jika jangkar tersebut keluar secara gaib. (*/Yosep)

#badakkitaTaman Nasional Ujung Kulon (TNUK)
Comments (0)
Add Comment