Bupati Pandeglang Buka Kegiatan TMMD di Mandalawangi

 

PANDEGLANG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 0601/Pandeglang resmi dibuka oleh Bupati Pandeglang yang berlokasi di lapangan Kampung Kadumaria, Desa Mandalawangi, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang – Banten, Rabu (24/07/2024)

Kegiatan tersebut mengusung tema Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah, TMMD ke 121 Kodim 0601/Pandeglang yang akan dilaksanakan selama 30 hari ke depan dengan mengerahkan sebanyak 150 personil yang terdiri dari TNI, Polri dan masyarakat.

Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap, TMMD tahun ini mampu mewujudkan sinergitas TNI, POLRI, dan Pemerintah Daerah bersama masyarakat serta pelaku usaha lainnya dalam pembangunan daerah dengan harapan terciptanya hubungan yang harmonis menjadi kekuatan untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara. dengan semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan, serta mengutamakan pendekatan pemberdayaan masyarakat.

“TMMD 2024 ini dapat terlaksana dengan sukses, hasil kegiatan pembangunan yang dilaksanakan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan pembangunan desa yang diharapkan mampu berkontribusi untuk mengatasi permasalahan yang masih terjadi di desa Cikumbueun Kecamatan Mandalawangi khususnya, dan umumnya di desa – desa yang ada di Kabupaten Pandeglang, antara lain stunting, air bersih, kemiskinan ekstrim, sanitasi, rumah tidak layak huni dan lain sebagainya, ini hanya mungkin bisa dituntaskan secara bersama-sama melalui kerjasama yang sinergis antara pemerintah, TNI, pelaku usaha dan masyarakat desa itu sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0601/Pandeglang Letkol Inf Suryanto, S.A.P., selaku Dansatgas TMMD menyampaikan, kegiatan yang akan dilaksanakan pada TMMD kali ini yaitu berupa kegiatan fisik pembukaan badan jalan sepanjang 1.466 meter dengan lebar 6 meter.

“Untuk pembangunan jalan yang akan menghubungkan Kampung Nangorak dan Kampung Ciapus Lega Desa Cikumbueun Kecamatan Mandalawangi,” terangnya.

Pengerasan jalan sepanjang 700 meter x 4 meter, pembuatan TPT 130 meter, pembangunan jembatan sepanjang 6 x 4 meter dan gorong-gorong sebanyak 3 unit.

“Bahkan kami juga akan membangun kontruksi lainnya, berupa jalan, TPT, Jembatan dan gorong-gorong. Yang nanti dapat dipergunakan untuk transportasi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Selain itu, akan dilaksanakan pula sasaran fisik tambahan berupa rehab tempat wudhu dan MCK mushola, rehab RTLH 1 unit, pipanisasi air bersih sepanjang 1.500 meter dan penanaman pohon sebanyak 500 batang.

“Selanjutkan akan dibangun sarana penunjang lainnya yang akan dilaksanakan di lokasi tersebut untuk kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Bahkan akan dilaksanakan pula sasaran non fisik berupa penyuluhan dari instansi terkait seperti Penyuluhan KB dari BKKBN, Penyuluhan Pertanian dari Dinas Pertanian, Penyuluhan Hukum dari Polres Pandeglang serta penyuluhan bidang lainnya yang bertujuan untuk dapat menumbuhkan inovasi dan kreativitas masyarakat dalam memberdayakan potensi daerahnya menuju kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik.

“Kegiatan TMMD tersebut diakhiri dengan pemberian sembako, secara simbolis kepada perwakilan masyarakat dan peninjauan lokasi TMMD,” pungkasnya. (*/Riel)

Comments (0)
Add Comment