Tema Bhinneka Tunggal Ika, Warnai Gelar Karya P5 SMAIT Asy-Syukriyyah Tangerang

 

TANGERANG– Implementasikan kurikulum merdeka, kelas 10 SMAIT Asy-Syukriyyah melaksanakan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tahun pelajaran 2022/2023 bertema Kebhinekaan, di Lapangan Asy-Syukriyyah, Tangerang, Senin, (30/01/2023) kemarin.

Dalam acara gelar karya yang mengangkat judul keragaman budaya ini, menampilkan dan memamerkan hasil kreativitas siswa/siswi di atas panggung maupun stand anjungan daerah.

Terdapat stand anjungan daerah yang memamerkan replika rumah adat dan disuguhkan berbagai macam olahan makanan tradisonal atau makanan kekininan serta barang-barang kerajinan karya siswa.

Acara ini juga semakin semarak dan meriah dengan adanya penampilan siswa berupa tarian, nyanyian, dan permainan tradisional. Ada pula yang menampilkan video dokumenter mengenai profil dan kebudayaan daerah yang ada di Indonesia.

Dimensi profil yang ingin dicapai pada proyek ini yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Berkebhinnekaan Global, Bernalar Kritis, Kreatif, dan Gotong-royong.

Kegiatan Gelar Karya tersebut dihadiri oleh Camat Cipondoh, Khotibul Imam, SH. I., Direktur LPIA H. Fadly Robby, Lc., Pengawas sekolah Drs. Tata Suandana, Wakil Direktur LPIA, Manajer-manajer LPIA, Ketua Komite Reza Rachmawati, S. E., seluruh guru dan staff serta siswa-siswi SMAIT Asy-Syukriyyah.

Camat Cipondoh, Khotibul Imam, SH.I., mengatakan bahwa beliau sangat mengapresiasi acara gelar karya ini, selain sangat meriah acara ini tentunya juga akan menumbuhkan karakter yang positif bagi siswa.

“Saya sangat mengapresiasi acara gelar karya yang diadakan SMAIT Asy-Syukriyyah ini karena dengan adanya acara ini, siswa akan memiliki karakter profil Pancasila yang positif dan saya pun sebagai Camat Cipondoh akan selalu mendukung kegiatan SMAIT Asy-Syukriyyah yang baik untuk peserta didik,” ungkapnya.

Sedangkan Pengawas Sekolah SMAIT Asy-Syukriyyah, Drs. Tata Suandana juga memberikan apresiasi atas kreativitas siswa/siswi SMAIT Asy-Syukriyyah pada acara Gelar Karya ini, beliau juga sangat mengapresiasi guru-guru yang sudah membimbing siswa/siswinya sehingga acara ini sukses, sangat meriah, dan mengesankan.

Senada dengan Pengawas SMAIT Asy-Syukriyyah, Direktur LPIA, Fadly Robbi, Lc, juga mengapresiasi kegiatan ini, beliau berharap SMAIT Asy-Syukriyyah terus memberikan wadah bagi siswa/siswinya untuk terus mengembangkan diri dan potensi melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Acara gelar karya ini merupakan puncak Program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) kelas 10 SMAIT As-Syukriyyah. Rangkaian acara sebelumnya adalah seminar budaya dan pembuatan proyek terkait keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. (*/Red)

Comments (0)
Add Comment