Dampak Covid-19, KSP Sahabat Mitra Sejati dan Bank Sampoerna Bagikan 10.000 Paket Sembako

SERANG – Koperasi simpan pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati dan Bank Sampoerna salurkan 10.000 paket sembako kepada warga Indonesia terdampak pandemi Covid-19. Mereka bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Kepolisian di 20 kabupaten/kota se-Indonesia.

Kegiatan tahap pertama telah dilakukan pada tanggal 14-18 Mei 2020 dengan total bantuan mencapai 5.000 paket sembako. Sedangkan tahap ke-2 dilaksanakan pada 12 Juni 2020 dengan membagikan tambahan 5.000 paket sembako, sehingga total paket sembako yang disalurkan berjumlah 10.000.

Ketua I KSP Sahabat Mitra Sejati, Ceppy Y. Mulyana mengatakan, bantuan itu diprioritaskan kepada anggota dan masyarakat yang secara ekonomi terdampak pandemi, seperti pekerja harian lepas dan masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19 di lingkungan kantor KSP Sahabat Mitra Sejati .

“Kami tetap bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Kepolisian untuk menyalurkan paket sembako kepada penerima manfaat dan bekerja sama dengan anggota kami dalam
pengadaan paket sembako di masing-masing wilayah sehingga pelaku UMKM juga diberdayakan dan lebih banyak pihak yang mendapatkan manfaat,” ujar Ceppy.

Dalam pantauan Fakta Banten, mereka menyalurkan bantuan berupa 100 paket sembako kepada pihak Polres Serang Kota, yang kemudian akan dibagikan kepada warga terdampak Covid-19.

Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati Area Jakarta, Nanang Hermawan saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwa ada 500 paket sembako yang disalurkan untuk wilayah Banten.

“Harapannya menjadi contoh bagi koperasi-koperasi lain untuk lebih peduli tehadap masyarakat-masyarakat terdampak Covid. Dengan kita berbagi sembako ini bisa meringankan masyarakat umum yang terdampak Covid,” terangnya, di halaman Polres Serang Kota, Jl. Ahmad Yani Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, Jumat (12/6/2020).

Di tempat yang sama, Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati Area Banten, Muhammad Utis Sutisna menuturkan, pihaknya bersinergi dengan dinas koperasi dan kepolisian agar proses penyaluran dapat berjalan baik dan lancar, sehingga terhindar dari kerumunan warga.

“Sasaranya untuk terdampak Covid, yang terdampak kan bermacam-macam. Untuk itu pendistribusiannya otoritas pihak kepolisian, kebetulan memang ada kegiatan-kegiatan yang sifatnya sosial,” kata Utis

Ia berharap, agar bantuan itu bisa diterima oleh orang-orang yang membutuhakan. Terkhusus masyarakat yang berada di dekat kawasan KSP Sahabat Mitra Sejati.

Sementara, Wakapolres Serang Kota, Kompol Mirodin menyampaikan terimakasih kepada KSP Sahabat Mitra Sejati dan Bank Sampoerna telah menunjukkan kepedulian terhadap warga Kota Serang.

“Saya sangat berterimakasih sekali saling bahu membahu untuk korban Covid, terkhusus di wilayah Kota Serang. Nanti sasaranya korban-korban terdampak dalam pandemi ini,” ujar Mirodin.

“Ada yang Ojol (Ojek Online), ada yang masyarakat kurang mampu, bahkan ada pondok pesantren yang terdampak,” imbuhnya.

Ia mengaku, bantuan berupa paket sembako itu akan secepatnya disalurkan kepada warga tedampak Covid-19 di Kota Serang.

“Kami akan data dulu, kami akan tetap berkoordinasi dengan gugus tugas, sehingga kami akan menemukan titik yang pas, orang-orang yang membutuhkan,” tutupnya.

Diketahui di hari yang sama, KSP Sahabat Mitra Sejati dan Bank Sampoerna kembali akan menyalurkan 100 paket sembako kepada Dinas Koperasi Kota Serang. (*/JL)

Honda