Dprd kanal

Dialog Pencapaian Pembangunan di Kecamatan Cilegon, Program Pemkot Dinilai Sukses

Loading...

CILEGON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon terus gencar melakukan sosialisasi pembangunan di setiap kecamatan secara bergiliran.

Setelah sebelumnya di Kecamatan Ciwandan dan Kecamatan Citangkil, kali ini acara yang dikemas melalui Dialog Pencapaian Pembangunan Kota Cilegon Tahun 2023 itu kembali digelar di Kecamatan Cilegon, Selasa 10 Oktober 2023.

Pada kegiatan yang berlangsung di Halaman Parkir Pasar Blok F Kavling tersebut terungkap bahwa Pemkot Cilegon telah berhasil melakukan program pembangunan, terutama di wilayah Kecamatan Cilegon.

Camat Cilegon Maman Herman mengatakan bahwa berbagai program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Cilegon telah berhasil direalisasikan di wilayahnya, dimana program – program tersebut telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kecamatan Cilegon.

“Saat ini di Kecamatan Cilegon sudah banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari program – program yang ada di Pemkot Cilegon, mulai dari Beasiswa full sarjana, Hibah masjid, Ruang Terbuka Publik dan lainnya,” kata Maman.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menerangkan, sepuluh program yang dicanangkan pada masa kampanye telah berhasil direalisasikan.

“Kesepuluh program tersebut mencakup Beasiswa Full Sarjana, Pemberian honor RT/RW Rp 1 juta perbulan dan 25 persen kenaikan tunjangan kinerja ASN,” terangnya.

Lebih lanjut, Helldy menjelaskan, program lain yang berhasil direalisasikan meliputi pemberian Rp 10 juta per tahun dana stimulan operasional DKM, Rp 100 juta per tahun dana lingkungan RW, 50 persen kenaikan honor guru honorer dan madrasah, pembangunan Puskesmas dengan fasilitas utilitas dan SDM yang handal, penyediaan lapangan kerja, pembangunan ruang terbuka publik di kelurahan serta pembangunan fasilitas hobi dan komunitas.

PCM

“Dari 10 program janji kampanye kami, sudah kami realisasikan secara keseluruhan, kalaupun ada yang belum itu karena masa jabatan kami hanya sampai 2024 bukan 2026, jadi ada 2 tahun anggaran kami yang tidak terserap,” jelasnya.

Selain kesepuluh janji kampanye, Helldy mengaku telah berhasil mengimplementasikan berbagai inovasi tanpa menggunakan dana dari APBD Kota Cilegon, salah satunya yaitu perbaikan Jalan Lingkar Selatan (JLS) dengan pendanaan sebesar 112 miliar yang berasal dari bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kita juga sudah melakukan berbagai inovasi – inovasi tanpa menggunakan APBD Kota Cilegon, contohnya pembangunan Jalan Lingkar Selatan yang dalam pembangunannya membutuhkan dana 112 miliar itu tidak menggunakan APBD, selain JLS ada juga jalan kembar ADB yang sudah kita perbaiki,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin menuturkan, selama masa kepemimpinan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, berbagai sektor pembangunan di Kota Cilegon telah mengalami peningkatan yang mencakup aspek sosial, ekonomi, dan fisik.

“Saat ini sejumlah pembangunan di Kota Cilegon sudah mengalami peningkatan yang signifikan, mulai dari sosial, ekonomi dan fisik,” tuturnya.

Maman menerangkan bahwa peningkatan pembangunan tersebut tidak dapat terlepas dari adanya peningkatan kinerja keuangan daerah serta kerja sama yang erat antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, provinsi, dan swasta.

“Pencapaian ini mencerminkan komitmen kuat dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi di Kota Cilegon,” terangnya.

Diketahui, tambah hadir pada acara tersebut Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi’raj, Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Hasbi Sidiq, Perwakilan BJB Cabang Cilegon, Camat se Kecamatan Cilegon, Lurah se Kecamatan Cilegon, Kepala OPD, RT / RW se Kecamatan Cilegon dan masyarakat. (*/Red)

 

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien