Implementasi Cilegon Smart City Akan Diterapkan 2018

Gerindra Nizar

CILEGON – Salah satunya melalui implementasi Cilegon Smart City melalui pengembangan pusat kendali kota (integrated control city system) yang direncanakan akan dimulai pada tahun 2018.

Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi dalam Forum Grup Discussion (FGD) di ruang rapat Walikota Cilegon, Kamis (13/4/2017), mengungkapkan, dalam pelaksanaan dibutuhkan aparatur untuk meningkatkan kualitasnya dalam menghadapi manajemen pemerintahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam kaitannya dengan government to government, government to citizen, and government to business.

“Hal ini tentu saja mendukung penyelenggaraan pemerintahan dalam upaya menuju penatakelolaan yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Iman.

Fraksi serang

Iman juga menjelaskan, bahwa Smart City ini sebenarnya sudah diterapkan, tetapi masih ada kekurangan-kekurangan yang harus disempurnakan.

Fraksi

Implementasi e-government dan Cilegon Smart City di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon sesungguhnya secara bertahap telah dilaksanakan, dalam perkembangannya telah dibangun jaringan infrastruktur WAN dan LAN serta pusat data elektronik secara terintegrasi yang menghubungkan kantor perangkat daerah di Pemerintah Kota Cilegon, serta adanya fasilitas internet di ruang publik.

“Perlu tahapan-tahapan yang harus dilalui, dan Kota Cilegon pada dasarnya sudah menerapkannya hanya perlu disempurnakan saja. Dalam implementasinya, penyelenggaraan e-government dan Cilegon Smart City tentu tidak dapat dilaksanakan secara singkat, karena penyelenggaraan e-government dan cilegon smart city ini pada hakikatnya adalah merubah paradigma kita sebagai aparatur pemerintahan, juga merubah sistem pemerintahan,” kata Iman.

Sementara itu, Sekda Kota Cilegon Sari Suryati menjelaskan bahwa pengembangan proyek smart city sudah didukung dengan terbentuknya Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Kota Cilegon sebagai leader pelaksanaannya.

“Kita kembali flashback ke sebelumnya, dimana Kominfo kita jadikan Dinas untuk menerapkan smart city kedalam Pemerintahan Kota Cilegon agar nantinya Kota Cilegon bisa berkembang dan maju dengan berbasis internet ini,” kata Sari. (*)

Gerindra kuswandi