Pemkot Cilegon Dapat Tambahan Bantuan Alat Pencegahan Covid-19 dari Chandra Asri dan BBPLK Serang

CILEGON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menerima bantuan, untuk menangani Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Perlu diketahui, penyerahan bantuan yang diberikan oleh PT. Chandra Asri Petrochemical (PT. CAP), dan BBPLK Serang tersebut bertempat di Kantor BPBD Kota Cilegon, Rabu (17/6/2020).

Walikota Cilegon Edi Ariadi menuturkan, bantuan tersebut berasal dari PT. CAP dan BBLK Serang, dimana BBLK Serang memberikan bantuan berupa tempat cuci tangan, masker, dan hal lain yang membantu penanganan Covid-19.

“Ini BBLK yang besar di arah karundang itu, jadi mereka melatih yang terdampak Covid-19. Dan ini hasilnya,” tutur Edi.

Lebih lanjut, Edi menerangkan bantuan dari PT. CAP berupa bilik isolasi, yang akan diserahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon.

“Jadi nanti pemeriksaan disini, dan petugasnya didalam bilik isolasi. Agar menghindari kontak langsung, tadi mau disampaikan ke PMI. Tapi katanya baiknya ke RSUD,” tuturnya, usai penyerahan bantuan secara simbolis.

Ditempat yang sama, General Manager CSR PT. CAP Abraham menjelaskan, bantuan yang diberikan diperuntukkan untuk Rumah Sakit khususnya tenaga medis. Dengan harapan, tidak ada kontak langsung, antara petugas medis, dengan orang yang terduga membawa virus.

“Dengan alat ini aman, tidak ada virus luar yang masuk. Jadi didalamnya mengisolasi tenaga medis terkena virus,” jelas Abraham.

Kartini dprd serang

GM CSR PT. CAP tersebut menjelaskan, alat bilik isolasi dibuat oleh partner Chandra Asri, dengan kerjasama teknologi. Untuk di Cilegon kami memberikan 2 alat, dan di Serang 3 alat bilik isolasi.

“Sejak Maret kita bantu APD, tiap Minggu kami kirim masker, rapid test, dan masker medis. Dari Cilegon, Serang, sampai Balaraja,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa sejak awal PT. CAP berusaha agar dapat mencegah penyebaran Covid-19, dengan harapan donasi tersebut dapat membantu daerah-daerah disekitar PT. CAP dalam menangani pandemi Covid-19.

“Dari awal kita berusaha agar dapat mencegah, sebelum ramai di Banten kami sudah lakukan bantuan untuk ini. Alhamdulillah Cilegon baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BBPLK Serang Agung Nur Rahmad menjelaskan, pihaknya memberikan tempat cuci tangan, APD, dan masker kain, untuk membantu mendistribusikan hasil pelatihan yang terdampak Covid-19.

“Selama ini kita di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang, lalu beberapa yayasan atau pondok pesantren yang santrinya banyak. Kami berikan bantuan ini,” tutur Agung.

Kedepan, ia akan mendistribusikan bantuan ke wilayah Tanggerang, yang saat ini sedang dipersiapkan. Mengingat peserta pembuat alat bantuan penanganan Covid-19 merupakan, masyarakat terdampak langsung Covid-19, orang yang di-PHK, dirumahkan, atau pedagang yang tak bisa menjalankan kegiatannya.

“Kedepan juga kita akan buat wastafel elektrik yang menggunakan sensor,” jelasnya. (*/A.Laksono)

Polda