Dalam 2,8 Tahun, Walikota Helldy Turunkan Angka Pengangguran Hingga 5,44 Persen

Loading...

 

CILEGON – Angka pengangguran di Kota Cilegon ternyata terus mengalami penurunan sangat signifikan. Bahkan, hanya dalam kurun waktu 2 tahun 8 bulan angka penurunannya menembus 5,44 persen.

Hal itu terjadi berkat keseriusan dan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dibawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian dalam melakukan berbagai terobosan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Cilegon pada tahun 2020 lalu mencapai 12,69 persen, pada tahun 2021 mengalami penurunan menjadi 10,13 persen, pada tahun 2022 kembali turun menjadi 8,10 persen dan terhitung November 2023 menjadi 7,25 persen atau turun sebesar 5,44 persen, yakni dari 12,69 menjadi 7,25 persen.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon Panca N Widodo mengatakan, BPS sebagai lembaga resmi yang mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan data telah melakukan update terhadap angka TPT yang ada di Cilegon.

“Alhamdulillah, pada November ini angka TPT di Kota Cilegon turun lagi menjadi 7,25 persen, sementara tahun lalu (2022-red) sebesar 8,10 persen atau turun sekitar 0,85 persen. Jika dihitung sejak 2020 angka penurunannya cukup tinggi yakni 5,44 persen,” kata Panca, Rabu 8 November 2023.

PCM

Menurut Panca, penurunan angka pengangguran itu terjadi berkat kerjasama dan koordinasi semua pihak, baik pemerintah, kalangan industry dan masyarakat.

“Penurunan ini dapat tercapai berkat kerjasama semua pihak, terutama arahan dan bimbingan Pak Wali (Helldy Agustian-red). Beliau (Wali Kota Heldy-red) sangat konsen dan berkomitmen terhadap angka pengangguran ini,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengaku bersyukur bahwa angka pengangguran di Kota Cilegon terus mengalami penurunan cukup tinggi.

“Kita semua bersyukur jumlah pengangguran ini terus turun. Hal ini tentu berkat berkat kerja keras semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat Kota Cilegon,” akunya.

Dalam hal ini, Helldy mengatakan, pihaknya akan terus berupaya secara maksimal untuk menjalankan berbagai program pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Cilegon.

“Kami akan terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Cilegon,” katanya. (*/Red)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien