Ini Kronologis Terjatuhnya Pekerja di PT Mitsubishi Pet Film Cilegon

Hut bhayangkara

CILEGON – Terkait meninggalnya KKusnad i34), karyawan kontrak PT Tri Focus saat bekerja di lokasi PT Mitshubhisi Pet Film Indonesia (MFI) yang berlokasi di Jalan raya Merak, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Rabu (2/11/2017) lalu, akhirnya Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Banten Serang 1 Tuti Rindawati, mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP), Senin (6/11/2017).

Petugas langsung memeriksa lokasi tersebut dan memastikan penyebab korban (Kusnadi – red) terjatuh pada saat bekerja.

Setelah memeriksa beberapa jam di TKP, Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Banten menyimpulkan asal muasal kejadian yang menyebabkan korban terjatuh.

Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Banten Serang 1 Rahmatullah mengatakan, kejadian terjatuhnya korban (Kusnadi) sekitar jam 14.00 WIB, Rabu (2/11/2017) pada saat korban yang masuk dalam group 2 sedang melakukan pembongkaran scaffolding di ruang Erema. Saat bekerja, totalnya ada 5 orang pekerja yang berada di lokasi tersebut yakni Muhidin (scaffolder), Baihaqi (scaffolder), Kusnadi (scaffolder), Hawari (helper) dan Masduki (helper).

Loading...

“Saat itu korban kusnadi berada di platform dengan ketinggian 3,9 meter. Pekerjaan pembongkaran scaffolding pembongkaran dimulai dari bagian atas Hendrail Midrail dan toe board dan diturunkan setiap bagianya. Pada saat akan membuka kawat asiba pekerja (Kusnadi-red) berbijak pada sisi asiba dan tangan memegang pipa tiang vertikal yang hanya diikat satu klem saja. Akibatnya Kusnadi terjatuh dengan kaki tersangkut pipa dengan posisi badan miring dengan kepala dahulu yang membentur lantai,” jelas Rahmat.

Kendati alat pelindung diri lengkap digunakan, namun ada kelalaian dari pekerja.

“Alat pelindung diri digunakan dengan lengkap termasuk boddy harness dan posisi hook tidak dikaitkan ke pipa tetapi masih tetap terpasang dibadannya,” terang Rahmat.

Diberitakan sebelumnya pada Sabtu (4/11/2017) lalu, kecelakaan kerja terjadi Kota Cilegon yang menimpa Kusnadi (34) seorang buruh kontrak di PT Tri Focus yang sedang mengerjakan perluasan di PT Mitshubishi Pet Film Indonesia (MFI) yang berlokasi di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol.

Akibat laka kerja tersebut Kusnadi yang diketahui warga Sumur Wuluh Gerem meninggal dunia di RSKM sehari setelah kejadian. (*/Adam RT)

Ks rc
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien