Lansia di Cilegon Capai 898 jiwa, Tertua ada di Kecamatan Cibeber

Smsi dprd Pandeglang sumpah pemuda

CILEGON – Dari data yang di miliki Dinas Sosial(Dinsos) Kota Cilegon jumlah penduduk usia lanjut atau lansia di Kota Cilegon itu berjumlah 898 jiwa. Dan yang paling tertua itu ada 4 jiwa. Dua orang ada di Kecamatan Cibeber dan dua orang lainya itu ada di Kecamatan Cilegon dan Ciwandan.

Kepala UPT Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial pada Dinas Sosial Kota Cilegon Yusuf Han mengatakan, jumlah penduduk usia lanjut yang ada di data Dinsos berjumlah 898 jiwa dan itu tersebar ada di 8 Kecamatan.

“Jumlah lansia se Kota Cilegon berjumlah 898 Jiwa semua rata-rata usia 60 tahun keatas. Namun lansia yang paling tua itu ada di Kecamatan Cibeber yang berjumlah 2 orang yang usianya 91 tahun 2 orang, dan yang lainnya ada di Kecamatan Cilegon dan Ciwandan sama usianya 91 tahun, yang membedakan hanya bulan kelahiran, mereka lahir pada tahun 1930,” katanya, Kamis (18/2/2021).

Dishub

Yusuf Han menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009, pemerintah wajib menjaga kesejahteraan masyarakat lanjut usia agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomi.

“Nah, berdasarkan itu, kewajiban kita selaku pemerintah wajib merawat mereka agar mereka tidak terlantar dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita selaku pemerintah,” katanya.

Agar para lansia itu tidak menjadi beban bagi Keluarga lanjut Yusuf banyak upaya yang dilakukan pihak Dinas Sosial yakni salah satunya adalah memberikan bantuan stimulan tiap bulan 1 orang lansia yang besarannya cukup lumayan.

“Selain memberikan bantuan stimulan mereka juga di berikan pelayanan Kesehatan yang optimal dengan memasukan mereka ke dalam BPJS Kesehatan gratis atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang di ambil dari anggaran APBD dan APBN,” katanya. (*/Red)

Masduki pp sumpah pemuda