Minim Keluhan, Sanuji Apresiasi Pelayanan Disdukcapil Cilegon

Dprd ied

CILEGON – Wakil  Walikota, Sanuji Pentamarta membuka Bimtek Operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Aula Diskominfo Cilegon, Rabu, (10/11/2021)

Dalam sambutannya Sanuji mengatakan persoalan administrasi Kota Cilegon menjadi pekerjaan yang tidak kecil dan mendasar sekali.

“Bagaimana kita pastikan seluruh warga yang lahir memiliki akte kelahiran, karena akte kelahiran menjadi landasan dan pondasi semua administrasi lainnya seperti KTP, Pasport dan lain-lain, jadi pekerjaan Disdukcapil ini sangat mendasar,” ungkapnya.

“Bahkan 24 macam layanan kependudukan ada disini, dengan adanya 451.000 penduduk kota Cilegon dan Dukcapil diberi kesempatan melayani 451.000 orang dan apabila dalam melayani masyarakat merasa senang, bahagia, bangga dan puas, maka hal itu dapat memajukan administrasi kota Cilegon,” sambungnya lagi.

Lebih lanjut, Sanuji menyampaikan membangun sistem informasi administrasi kependudukan di Indonesia harus solid.

“Kita sedang membangun sistem informasi administrasi kependudukan yang solid, dunia akan mencatat bahwa Indonesia akan lebih baik dalam pelayanan administrasi kependudukan, kita sedang memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia dan hari ini adalah hari pahlawan, saya berharap Pegawai Disdukcapil menjadi pahlawan bagi administrasi kependudukan di Kota Cilegon,” tuturnya.

dprd tangsel

Sanuji mengapresiasi untuk disdukcapil karena untuk pelayanan tidak banyak keluhan dari masyarakat.

“Saya apresiasi kinerja dari Disdukcapil yang dalam pelayanannya tidak mendapatkan banyak keluhan, saya berharap kinerja dinas dan seluruh aparatur sudah menunjukan kinerja yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil kota Cilegon, Hayati Nufus mengatakan kebijakan yang sudah diterapkan saat ini dapat dirasakan manfaatnya.

“Kebijakan nasional di bidang administrasi kependudukan dan catatan sipil sampai saat ini sudah dirasakan manfaatnya dalam berbagai hal seperti peningkatan efektifitas pelayanan kepada masyarakat, peningkatan kualitas dan lain-lain,” terangnya.

“Untuk itu pelatihan ini dalam rangka penerapan Administrasi Kependudukan pada loket pelayanan administrasi kependudukan” sambungnya.

Lebih lanjut, Nufus menjabarkan berbagai inovasi yang dilakukan Disdukcapil.

“Dalam mewujudkan kondisi kehidupan yang lebih layak bagi administrasi kependudukan, ada beberapa inovasi seperti pelayanan mobil keliling secara online yang memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh dokumen-dokumen kependudukan, visi kita bersama-sama meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Cilegon sehingga masyarakat memperoleh pelayanan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (*/Red)

Golkat ied