Peringati Hari Peduli Sampah Nasional,  Helldy Ajak Masyarakat Cilegon Pilah Sampah Dari Rumah

 

CILEGON – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengajak masyarakat untuk terlibat melakukan pemilahan sampah sejak tingkat rumah tangga. Hal itu disampaikan Helldy pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 tingkat Kota Cilegon di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Rabu 21 Februari 2024.

“Tentunya pengelolaan sampah akan lebih efektif jika sudah dipisahkan ditingkat rumah tangga, maka harapan kami akan adanya edukasi dan penerapan pemilahan sampah sejak Tingkat rumah tangga,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dalam sambutannya, Rabu 21 Februari 2024.

Menurut Helldy, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon fokus dalam mengatasi dan pengelolaan sampah.

“Telah diketahui bersama Kami fokus dalam mengatasi permasalahan sampah, terbukti dengan berdirinya pabrik pengelolaan sampah di TPA Bagendung dalam bentuk co firing, dan mampu menjadi bahan percontohan untuk daerah lain, seperti kabupaten / kota lain, bahkan kami telah menerima kunjungan dari luar negeri seperti Korea dan Jepang. Tentunya ini terwujud karena adanya Kerjasama antara Pemerintah Kota Cilegon dan PT PLN (Indonesia Power Suralaya),” tuturnya

Kartini dprd serang

Dalam hal ini, Helldy mengapresiasi PT Candra Asri yang telah melakukan inovasi terkait penguraian sampah.

“Selanjutnya kami sampaikan apresiasi yang besar kepada Candra Asri yang telah berinovasi untuk merubah plastik bekas menjadi bensin. Kami telah melihatnya langsung. Namun saat kami lihat jumlah produksinya masih terbatas, kedepannya kami memperbesar produksinya dengan pindah ke TPA Bagendung agar menjadi 1 komplek pengelolaan sampah lainnya,” tegas Helldy seraya berharap kedepannya dapat diterapkan secara masal pemilahan sampah ditingkat rumah tangga.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Sabri Mahyudin menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan tersebut.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memperkuat komitmen dan peran aktif masyarakat dalam mengatasi permasalahan sampah dengan pengupayaan mengurai sampah dari sumber untuk mengurangi sampah yang diolah pada TPS dengan Gerakan pemilahan sampah,” ucapnya.

Sabri juga menyampaikan adanya lomba pengumpulan sampah plastik terbanyak dalam kegiatan ini.

“Kami juga membuat perlombaan pengumpulan sampah plastik terbanyak yang akan dinilai dari beratnya, Tingkat SD, SMP, SMA, dan Kelompok Bank Sampah di Kota Cilegon. Dimana, nantinya plastik yang sudah terkumpul ini dengan berat 1,7 ton akan jadikan bahan bakar oleh PT Candra Asri,” katanya. (*/Red)

Polda