Siswa MAN 2 Cilegon Lolos Inisiator Muda Moderasi Beragama 2023 Mewakili Banten

Dprd ied

 

CILEGON – Satu orang siswa asal Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Cilegon lolos pada tahap kedua dan berhasil memasuki 40 besar pada seleksi Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah 2023 mewakili Provinsi Banten.

Dia adalah Muhamad Rizwan Aqiel (17 tahun) Siswa MAN 2 Cilegon kelas 12 jurusan IPS yang bertempat tinggal di Lingkungan Cidandang, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten.

Ajang penyeleseksian Inisiator Muda Moderasi Beragama (IMMB) 2023 sendiri diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Saran Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Rizwan diketahui lolos dan masuk ke dalam 40 besar lewat Surat Pengumuman dari Kementrian Agama dengan Nomor : B-2808/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/07/2023 tentang Hasil Seleksi Presentasi Naskah Pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah Tahun 2023, yang diunduh melalui laman resmi IMMB https://madrasah.kemenag.go.id/immb/, oleh Fakta Banten pada Selasa (11/7/2023).

Pengumuman tersebut dikeluarkan oleh Kemenag pada Rabu, 5 Juli 2023 lalu.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana MAN 2 Kota Cilegon, sekaligus sebagai pembina dari Muhamad Rizwan Aqiel, membenarkan bahwa muridnya itu berhasil lolos dan menduduki peringkat ke-20 untuk sementara.

“Iya Alhamdulillah, Rizwan berhasil lolos kemarin, dan dia ada di peringkat ke-20, dan masuk ke 40 besar dan satu-satunya siswa yang lolos ke tahap selanjutnya dan mewakili Provinsi Banten,” kata Wahyudi selaku pembina penyeleksian IMMB MAN 2 Kota Cilegon ketika dikonfirmasi pada Selasa (11/7/2023) di kantornya.

Wahyudi, sebagai pembina dari Muhamad Rizwan Aqiel yang lolos dari penilaian presentasi naskah dan masuk 40 besar calon Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah (IMMB) 2023 juga mengucapkan terima kasih dan rasa syukur karena berhasil mengalahkan MAN Insan Cendikia (IC) Serpong sehingga menjadi satu-satunya siswa yang mewakili Provinsi Banten ke tahap selanjutnya.

dprd tangsel

Awalnya, MAN 2 Kota Cilegon mengirimkan dua orang dalam seleksi IMMB 2023 ini. Kedua orang tersebut yaitu Muhamad Rizwan Aqiel dan teman kelasnya sendiri, Muhammad Rizki Tamam.

Keduanya berhasil melalui tahap pertama seleksi IMMB 2023 pada 31 Mei 2023 dan berhasil masuk ke 120 besar seleksi naskah terbaik dari total 740 peserta yang ikut IMMB.

MAN IC Serpong pun setara dengan MAN 2 Kota Cilegon karena berhasil lolos juga di tahap pertama pada seleksi naskah. Namun pada tahap kedua hasil persentasi naskah IMMB 2023, MAN IC Serpong tidak berhasil lolos.

“Alhamdulillah yah pas itu masuk 120 besar. Dari Banten ada dua sekolah yang lolos, yaitu MAN 2 Kota Cilegon dan MAN IC Serpong. Setelah itu kemudian diseleksi lagi menjadi 40 besar, dan hanya Muhamad Rizwan Aqiel dari MAN 2 Kota Cilegon yang berhasil lolos. Perasaan Rizwan dan kami khususnya dari dewan guru sangat bahagia dan sangat bangga kepada anak kami bahwa sesungguhnya anak-anak kami juga tidak kalah dengan MAN IC secara sumber daya manusia dan secara keilmuan. Hanya saja mungkin manusia kan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mungkin MAN IC hebat di bidang science-nya gitu kan atau yang sejenisnya atau risetnya gitu atau di dalam ajang KSM, nah Alhamdulillah si mungkin di bidang moderasi beragama kita yang memimpin dan kita bisa bersaing,” pungkasnya.

Dikatakannya, Rizwan merancang ide gagasan yang berjudul Generasi Zilenial Yang Moderat dengan melakukan dua aksi.

Yaitu membangun pojok pintar kebangsaan dan melakukan aksi one day one content.

Rizwan dan 39 peserta terbaik lainnya akan menjalani pelatihan dan pendampingan dari panitia IMMB untuk mengimplementasikan naskah lombanya ke dalam Rencana Aksi Perubahan selama 2 bulan. Yakni dari pada minggu ketiga bulan Juli hingga akhir September mendatang.

Setelah pelatihan dan pengimplementasian ide dan gagasan, seluruh peserta akan mempresentasikan laporan hasil aksi perubahan yang dilakukan pada Minggu pertama Oktober mendatang.

Pada tahapan tersebut, panitia akan menyeleksi peserta yang nantinya akan masuk ke 10 besar peserta terbaik dan kemudian diambil menjadi 3 terbaik yang diumumkan pada akhir Oktober.

“Saya mohon doa serta dukungan kepada semua teman-teman dan para dewan guru juga warga se-Provinsi Banten. Agar saya bisa membawa Banten menjadi yang nomor satu di IMMB 2023 ini,” ujar Rizwan murid Aliyah kelas 12 IPS itu. (*/Hery)

Golkat ied