Upacara Harkitnas, Lapas Cilegon Kukuhkan 20 Napi Jadi Pasukan Merah Putih

CILEGON – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon menyelenggarakan upacara peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada 20 Mei 2018 kemarin, dalam prosesi tersebut juga dilangsungkan Pengukuhan Pasukan Merah Putih Narapidana, Senin (21/5/2018).

Pengukuhan Pasukan Merah Putih Narapidana yang beranggotakan 20 orang dan baru saja dikukuhkan ini diharapkan bisa menjadi suri tauladan bagi para Narapidana di dalam ataupun masyarakat di lingkungannya saat sudah terbebas dari status Narapidananya.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Lapas Kelas III Cilegon, Fonika Apandi, saat ditemui usai upacara memperingati Harkitnas bersama pegawai, Narapidana dan Pasukan Merah Putih Narapidana.

“Kita melaksanakan kegiatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei kemarin sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pak menteri, dimana pada Hari Kebangkitan ini warga binaan Lepas Kelas III Cilegon kita persiapkan, apalagi yang nantinya untuk warga binaan (Pasukan Merah Putih Narapidana-red) yang akan berintegrasi dengan masyarakat, kita juga memberikan pembinaan serta pelatihan sesuai dengan kemampuannya,” ungkapnya.

Kartini dprd serang

Lanjutnya, ia mengatakan diberikannya keterampilan kepada Narapidana ini merupakan sebagai wujud binaan Lapas Kelas III Cilegon dan juga nantinya ini sebagai permohonan maaf bagi Narapidana kepada masyarakat yang berada di lingkungannya.

“Hal Ini sebagai wujud permohonan maaf mereka (Narapidana/WBP) kepada masyarakat yang berada di lingkungannya, agar mereka bisa bermanfaat di lingkungannya nanti bagi bangsa dan negara kita dan juga ini sebagai contoh bagi warga binaan yang lainya,” katanya.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa dalam mewujudkan program tersebut Lapas Kelas III Cilegon terus menjalin komunikasi dengan dinas serta SKPD terkait untuk memberikan binaan kepada Narapidana di Lapas Kelas III Cilegon.

“Agar seirama dengan apa yang diharapkan dengan Hari Kebangkitan Nasional, maka kita menjalin komunikasi baik itu dengan Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan yang lainya,” ujarnya.

Kegiatan upacara Harkitnas ke 110 diketahui dimulai sejak pagi pukul 08.00 hingga 09.15 WIB tersebut berlangsung khidmat meski cuaca sedikit mendung dengan peserta upacara pegawai serta Warga Binaan Lapas Kelas III Cilegon. (*/Temon)

Polda