Warga Link Palas Cilegon Antusias Resmikan TBM Jami’ Al-Furqon

CILEGON – Masyarakat di Link. Palas Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, sepertinya patut bersyukur dan gembira dengan kehadiran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Jami’ Al-Furqon yang baru saja dilaunching, Jum’at (24/5/2019).

TBM Jami’ Al-Furqon yang bertempat di Sekretariat DKM dan Risma ini, dalam launchingnya bekerjasama dengan Rumah Zakat Cilegon menggelar berbagai kegiatan seperti Dongeng Islami, Game Edukasi, Story Telling, Lomba Mewarnai dan Donasi Buku.

Anak-anak dari usia PAUD hingga SD dan para remaja yang hadir tampak bergembira dan ceria berinteraksi mengikuti kegiatan perdana TBM tersebut. TBM di Kampung Palas ini dituntut bisa berkembang dari partisipasi warga. Launching buku diawali dengan pemberian donasi buku oleh warga setempat.

“Sebenarnya TBM sudah berkembang dan mendapat dukungan pemerintah, kami terus mencari lokasi atau lingkungan agar lebih efektif menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Alhamduillah kami menemukan Risma Jami’ Al-Furqon yang menginginkan adanya TBM, dan bagusnya didukung DKM,” kata Pembina TBM Jami’ Al-Furqon Palas, Nurul Hadiyati, kepada awak media, saat ditemui di sela acara.

Nurul yang juga merupakan Kasi Pemerintahan dan Ketertiban Umum Kelurahan Bedungan ini, juga menjelaskan kegiatan dan keberadaan TBM sebagai sarana untuk mengembangkan sumber daya manusia di lingkungan.

Sankyu ks

“Kegiatannya TBM yang terpenting harus berjalan dan terus berkembang, kedepan kita adakan workshop penulisan, program 2 jam tanpa HP untuk baca buku, serta beragam kegiatan yang membuat masyarakat khususnya anak-anak jadi suka membaca dan jadi pintar, karena buku istilahnya sebagai jendela dunia,” jelasnya.

Perwakilan dari DKM Jami’ Al-Furqon Palas, Muhammad Abduh, dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk saling mencerdaskan dengan mendonasikan buku-buku di rumahnya ke TBM.

“Bagi Ibu-ibu dan bapak-bapak yang punya buku di rumah, baik itu buku lawas bawa saja ke TBM ini, biar manfaat bagi anak-anak yang membaca agar tahu sejarah,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Bendungan Maman Herman, dalam sambutannya mendukung penuh kegiatan TBM di Link. Palas tersebut berjalan.

“Tentu kami mendukung kegiatan yang sangat positif ini. Kami harap dengan sudah ada TBM ini, ibu-ibu juga mendorong anak-anaknya untuk datang dan belajar ke TBM, ramaikan tempat bacaan ini, siapa lagi kalau bukan kita,” tandasnya.

Beberapa perwakilan dari Rumah Zakat Cilegon dalam kesempatan itu, mengajak anak-anak yang hadir dengan kegiatan yang mengasyikan berupa Dongeng Islami, Game Edukasi dan Story Telling. (*/Ilung)