BI Batasi Penukaran Uang Baru untuk Lebaran 2024, Rp4 Juta Per Orang

Dprd

SERANG – Kantor Wilayah Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten menyiapkan uang tunai sebanyak Rp4,57 triliun untuk kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan Lebaran tahun 2024. BI Banten sudah mulai membuka layanan penukaran uang baru melalui kas keliling ataupun bank umum.

Penukaran uang baru tahun 2024 ini nilainya dibatasi. Meski begitu, BI telah menaikkan batasan penukaran uang selama Ramadan dan Idul Fitri 2024, dari yang semula Rp3,8 juta, menjadi Rp4 juta per orang.

“Kami pada tahun ini menerapkan sistim paket, jadi setiap penukar itu kami layani bentuk paket penukaran yang berjumlah Rp4 juta terdiri dari berbagi denominasi dan jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang Rp3,8 juta perpaket,” kata Kepala Perwakilan (KPw) BI Provinsi Banten Ameriza M Moesa dalam sambutan Kick off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, di Kota Serang, Selasa, (19/3/2024).

Pihaknya menyediakan layanan kas kepada masyarakat untuk melakukan penukaran langsung ke BI dan ke beberapa Bank yang telah mendukung layanan penukara uang. Di antaranya BWS, Bank Mandiri, BNI, BTN, Bjb, Bkb Syariah dan BCA.

“Kami bersama-sama akan membawa mobil kas keliling untuk melakukan pelayanan penukaran ke seluruh wilayah di Banten,” katanya.

Ameriza mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan penukaran bisa melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu, pada website pintar.bi.go.id.

“Masyarakat yang ingin melakukan penukaran bisa langsung masuk ke website kemudian melakukan pemesanan tempat dan waktu yang diinginkan,” katanya.(*/Faqih)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien