KMS 30 dan GMNI Evaluasi Kepemimpinan Al Muktabar

Gerindra Nizar

SERANG – Komunitas Soedirman (KMS) 30 dan GMNI Cabang Serang menggelar aksi demonstrasi di depan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, pada Selasa, (24/1/2023).

Dalam aksinya mereka menyuarakan persoalan-persoalan Provinsi Banten, terutama kaitan dengan kepemimpinan Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten.

Di antaranya mereka menyoroti tingginya angka kemiskinan di Provinsi Banten. Menurut mereka, kemiskinan merupakan masalah global yang mesti cepat diatasi.

Fraksi serang

Koordinator Umum KMS 30, Jodi Fauzi menyebut, berdasarkan data BPS, jumlah penduduk miskin di Banten pada priode September 2022 mencapai 829,66 ribu orang.

Dibandingkan dengan bulan Maret 2022 kata dia, jumlah penduduk miskin di Provinsi Banten meningkat menjadi 15,64 ribu orang atau 6,24 %.

Fraksi

” Ini menjadi PR daripada Pj Gubernur Banten yang diamanahi oleh Kemendagri untuk menekan angka stunting. sedangkan kemiskinan merupakan salah satu bagian kecil dari stunting, yang pada data terakhir BPS itu masih menyentuh angka 829,66 ribu dari total 14,1 Juta penduduk Banten,” ujarnya.

“Ini sungguh menjadi ironi, Banten sebagai provinsi yang notabennya sebagai salah satu pusat industri. Persoalan kemiskinan bukan hanya sekedar berapa jumlah dan persentase penduduk tapi bagaimana solusi yang diberikan pemerintah untuk agar supaya menurunkan ataupun memberikan lapangan pekerjaan bagi pengangguran yang ada di Banten,” sambungnya.

Terlebih kata dia, kemiskinan terjadi ketika rakyat tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya. Tercatat dalam data BPS Banten yang dirilis pada September 2022, bahwa komoditi dasarlah yang penyumbang kemiskinan.

“Seperti beras, telur, dan lain sebagainya. Ini membuktikan bahwa Pj gubernur sebenarnya tidak serius dalam menangani permasalahan-permasalan dasar yang terjadi pada rakyat,” ungkapnya.

Kemudian mereka juga menilai kepemimpinan Al Muktabar selama menjabat Pj Gubernur Banten. Mereka memandang, jika Al hanya melakukan debut politik one man show, dengan mengatasnamakan kepentingan masyarakat.

“Maka dengan ini kami GMNI Serang dan Komunitas Soedirman 30 meminta agar segera tuntaskan persoalan kemiskinan di Provinsi Banten, dan bangun kesejahteraan untuk masyarakat Banten,” pungkasnya. (*/Faqih)

Gerindra kuswandi