Polda Banten Sebut Pers Bantu Tingkatkan Kepercayaan Publik Terhadap Polri

SERANG – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten, Brigjen Pol Listiyo Sigit Prabowo mengucapkan terimakasih terhadap insan pers yang telah membantu publikasi dan penyampaian informasi kepada masyarakat sebagai upaya pencerdasan.

Hal tersebut disampaikan Listiyo dalam sambutan kegiatan Safari Ramadhan bersama awak media yang aktif melakukan peliputan di wilayah kerja Polda Banten, Sabtu (17/6/2017).

Ia menilai peran media sangat vital dalam pembangunan dan menjadi kontrol sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai pilar demokrasi yang keempat. Karena peran media tersebut, Polri pernah menduduki peringkat kelima dalam tingkat kepercayaan publik terhadap Polri.

“Pada awal 2016 kepercayaan publik terhadap Polri sangat rendah, nomor lima di bawah seluruh lembaga Kementerian, namun di akhir 2016 berada di posisi empat teratas setelah lembaga Kepresidenan, KPK dan DPR,” kata Kapolda Banten saat mengadakan buka puasa bersama dengan insan media di Hotel Le Dian, Serang.

Advertorial

Advertorial

Kapolda menilai Polri sebagai salah satu instrumen demokrasi yang menegakan hukum dan melayani masyarakat sangan membutuhkan peran pers sebagai mitra dan sosial kontrol.

“Insan media juga sebagai salah satu akses keterbukaan dan akuntabilitas publik terhadap kinerja Polri,” jelasnya.

Terlebih saat ini, lanjut Kapolda, Polri tengah melakukan berbagai pembenahan baik terkait kinerja dan perubahan kultur.

“Seluruhnya diharapkan mampu membentuk kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” tukasnya.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Pokja Hukum dan Kriminal Polda Banten, Ketua PWI Provinsi Banten, wartawan media online, televisi, dan juga koran. Turut hadir juga dalam acara tersebut, sejumlah tokoh ulama Banten. (*)