PPP Gagal ke Senayan, Istri Mantan Wagub Banten Berpotensi Pertahankan Kursi DPR 

Dprd

SERANG – KPU RI telah mengumumkan hasil Pemilu 2024 untuk semua tingkatan secara nasional. Komposisi kursi DPR RI di daerah pemilihan (Dapil) Banten I berubah usai Partai Persatuan Pembangunan atau PPP gagal lolos ke Senayan lantaran tidak menembus parliamentary threshold (PT) 4 persen.

Diketahui, berdasarkan pasal 414 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan bahwa syarat partai politik lolos parlemen adalah memenuhi ambang batas parlemen yakni minimal 4% suara nasional.

Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU RI, Hasyim Asyari, mengumumkan hasil rekapitulasi Pemilu 2024. Hasilnya, PPP memperoleh suara sebanyak 5.878.777 atau sekitar 3,87 persen dari total 151.796.630 suara sah.

Dengan hasil tersebut, PPP kehilangan kursi DPR RI di sejumlah daerah. Salah satunya di Dapil Banten I yang mencakup Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak. Padahal, perolehan suara PPP mencapai 132.212.

PPP gagal mendapatkan kursi kelima dari total enam kursi yang ada di Dapil Banten I. Dengan begitu, kursi PPP akan beralih kepada Partai Golkar sebagai peraih suara tertinggi ketujuh.

Partai Golkar tercatat mendapatkan 117.653 suara di Dapil Banten I. Dengan demikian, Adde Rosi Khoerunnisa berpotensi lolos ke senayan lantaran meraup suara tertinggi di internal Golkar dengan 61.848 suara.

Diketahui, Adde Rosi adalah Caleg petahana DPR RI dari Golkar dengan nomor urut 1. Ia juga merupakan istri dari mantan Wakil Gubernur (Wagub) Banten priode 2017-2022, Andika Hazrumy, sekaligus menantu dari mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. (*/Faqih)   

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien