KPK Edukasi Bank BJB Soal Pemberantasan Korupsi

BANDUNG – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Bank Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) untuk memberikan edukasi dan sosialisasi terkait pemberantasan korupsi.

“Kalau untuk BPD memang ini pertama kali yakni ke bank BJB. Namun sebelumnya sempat juga ke bank BUMN lain,” ujar Ketua KPK, Firli Bahuri dalam keterangan tertulisnya usai menghadiri acara Executive Forum di Menara bank bjb, Jalan Naripan, Kota Bandung, Selasa (16/3/2021).

Dijelaskan Firli, strategi untuk melakukan pemberantasan korupsi sangat penting untuk diimplementasikan kepada masyarakat. Karena dengan edukasi sejak dini diharapkan masyarakat tidak melakukan tindak pidana korupsi.

“Pasalnya, tindak pidana korupsi terjadi karena ada peran beberapa pihak. Baik penyelenggara negara, pelaku usaha dan pelaku ekonomi, dan lainnya. Sehingga perlu adanya pendekatan pencegahan sejak dini, melalui edukasi. Dan KPK terus berkomitmen untuk melakukan pemberantasan korupsi dengan melakukan strategi edukasi ini,” jelasnya.

Pihaknya dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi pendidikan anti korupsi kepada para exsecutive Bank Bjb, terkait pengembangan nilai corporate government. Termasuk mengembangkan sistem pelayanan perbankan supaya tidak terjadi fraud (penipuan)

Sementara itu, Dirut bank bjb Yuddy Renaldi mengungkapkan, untuk mendukung strategi bisnis tahun 2021, Bank Bjb mengaku melakukan pembenahan internal dengan upaya peningkatan kualitas dan integritas human capital perseroan.

Menuritnya, peningkatan human capital itu dilakukan dengan mengusung program Bjb Integrity yang merupakan implementasi budaya perusahaan. (*/Faqih)

Honda