Anggota Dewan Lebak Hadiri Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara

Sekda

MEDAN – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) melaksanakan Kongres yang ke-5 yang dilaksanakan di Kampong Tanjung Gusta, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (15/3/2017). 

Kongres ini sangat penting karena akan menentukan sikap AMAN terhadap negara dalam memperjuangkan Indonesia yang adil dan sejahtera.

Salah seorang anggota DPRD Kabupaten Lebak, Banten, Aan Suranto turut menghadiri Kongres tersebut.

Pemprov

Ia menilai, Kongres kali ini sebagai sebuah refleksi untuk membangkitkan semangat perjuangan masyarakat adat untuk mendapatkan kedaulatan.

“Diadakannya simposium ini bisa menjadi refleksi bagi masyarakat adat di Nusantara, selain itu acara ini berlangsung dengan baik karena diadakan di tempat yang dulunya berkonflik dengan Perhutani, dan masyarakat berhasil menang dalam perjuangannya. Sehingga perlu menjadi contoh bagi wilayah adat lain,” ujar Aan.

Sedangkan untuk di Kabupaten Lebak sendiri, menurut Politisi PDIP ini, Perda Adat sudah ditetapkan dan akan menjaga kedaulatan masyarakat Adat disana.

“Kita juga berterimakasih terhadap AMAN yang selalu konsisten dalam mendampingi anggota komunitas adat yang tergabung di dalamnya,” ujar Aan yang bertemui di lokasi acara. (*)

Lebak