Awal Tahun 2023, Pengunjung Museum Multatuli Lebak Meningkat

 

LEBAK – Jumlah pengunjung Museum Multatuli melonjak tinggi di sepanjang Bulan Januari sampai Bulan Maret 2023 ini.

Kebanyakan pengunjung yang datang ialah dari kalangan Pelajar seperti TK, SD, SMP dan SMA di Kabupaten Lebak.

“Karena sekolah mengagendakan si siswa itu wajib ke museum dari mata pelajaran tertentu, tapi Alhamdulillah banyak sih kunjungan,” ungkap Dini sebagai penjaga loket tiket kepada Fakta Banten, Sabtu (18/03/2023).

Hal tersebut karena persoalan administrasi Museum Multatuli di Kabupaten Lebak tersebut lumayan cukup rapih.

“Kita rekap kunjungan harian, bulanan ada, tahunan juga ada. Kalau harian siswanya kalau lagi banyak-banyaknya itu kita mencapai 200 sampai tiga ratus siswa, umumnya bisa mencapai seratus lebih,” jelas Dini.

Ia juga menjelaskan, bahwa untuk tiket sendiri itu dibagi tiga, antara lain tiket untuk pelajar sebanyak Rp1000 per orangnya, untuk umum Rp2000 perorang, dan yang terakhir adalah untuk tiket pengunjung dari Mancanegara sebanyak Rp15.000 perorangnya.

“Hari ini kebetulan ada dari 7 negara (kedubes), seperti Korea Selatan, Korea Utara, Firlandia, Polandia dan lain sebagainya,” lanjut Dini.

Kartini dprd serang

Lebih lanjut, ia juga menyebut bahwa kebanyakan pengunjung mancanegara yang paling banyak datang ke Museum Multatuli ialah dari Belanda.

“Kebanyakan sih dari Belanda yah, karena kan ini berhubungan dengan sama Multatuli. Musium Multatuli juga ada ada dua, di Belanda satu, dan disini juga satu. Jadi orang Belanda mah lebih semangat kali yah,” lanjutnya.

Untuk pengunjung dari Mancanegara sendiri, Kepala Museum Multatuli Lebak, Ubaidillah Mukhtar menjelaskan biasanya selain karena ada hubungan Diplomatik dengan Bupati Lebak, kebanyakan ialah para pecinta buku Max Havelaar itu sendiri.

“Hubungan diplomatik ke Bupati dan ke Museum, dan sekarang mereka sedang berada di Baduy. Hari kamis kemaren kita kedatangan tamu dari Belanda, kebanyakan mereka para pembaca dan penikmat Max Havelaar,” jelasnya.

Diketahui, sepanjang bulan 01 Januari – 12 Maret 2023 untuk pengunjung umum ada sebanyak 3.542 orang, untuk pelajar sebanyak 5.263 orang, mahasiswa sebanyak 17 orang, dan 4 orang Mancanegara, jadi total seluruh pengunjung ada 8.826 orang.

Adapun untuk pendapatan RKUD nya sendiri pada Bulan Januari 2023 itu Rp4.275.000, Februari sebanyak Rp5.873.000, dan untuk bulan Maret 2023 nya sebanyak Rp2.560.00, dan artinya total keseluruhan nya itu sebanyak Rp12.708.000.

Septi Fadilah, salah seorang Mahasiswi dari Pandeglang merasa terharu dengan perjuangan Max Havelaar di Bumi Pertiwi ini.

Ia juga mengaku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan Indonesia yang telah merdeka ini.

“Ini kunjungan pertama saya kesini. Sebelum ke sini saya nonton filmnya dulu, luar biasa ternyata beliau. Yang paling terharu saat ada adegan Max Havelaar nampar temennya yang lecehin wanita pribumi, intinya saya nggak bakal menyia-nyiakan kesempatan merdeka ini,” pungkas Septi. (*/Mukhlas)

Polda