Lahan Seluas 10 Hektare di Lebak Habis Terbakar

Loading...

 

LEBAK – Lahan perkebunan yang diperkirakan seluas 10 hektare milik pengusaha bernama H. Engkus, di Kampung Kebon Cau, Desa Prabugantungan, Kecamatan Cileles, habis hangus terbakar, Rabu, (6/9/2023).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Lebak, Iwan menyampaikan, kronologis dalam peristiwa kebakaran tersebut disebabkan karena adanya warga sekitar yang membakar lahan di sekitaran lokasi, yang kemudian membuat api semakin besar dan merambat ke lahan yang berada di sekitarnya.

“Petugas Damkar Lebak Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) Kecamatan Cileles, mendapat laporan dari warga sekitar sekira pukul 13.30 WIB. Kemudian pada saat itu juga petugas meluncur ke lokasi kejadian dan tiba pada pukul 14.03 WIB,” kata Iwan pada saat dikonfirmasi Fakta Banten, Kamis (7/9/2023).

PCM

Dijelaskannya, karena kondisi medan yang cukup sulit untuk dilalui mobil pemadam kebakaran dan lahan yang terbakar cukup luas.

Akhirnya, petugas dibantu warga sekitar melakukan bermacam upaya untuk memadamkan api yang semakin membesar.

“Alhamdulillah, petugas bersama warga berhasil memadamkan api sekira pukul 16.30 WIB. Kemudian, petugas melakukan pendinginan di sekitaran lahan yang masih berasap, agar tidak menimbulkan api kembali,” terang Iwan.

Sambung Iwan, kegiatan pemadaman selesai sekira pukul 17.00 WIB. Dirinya mengimbau, dalam kondisi kemarau panjang saat ini diharapkan kepada masyarakat agar tidak membakar sampah atau lahan sembarangan yang bisa berpotensi mengakibatkan terjadinya kebakaran.

“Untuk kerugian akibat kebakaran tersebut belum bisa diprediksi,” pungkasnya. (*/Yod/Aji)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien