Relawan Sehati Sediakan Rumah Singgah untuk Pasien Lebak di Jakarta

Gerindra Nizar

LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Sosial Kabupaten Lebak membentuk Rumah Singgah, rumah persinggahan yang dikhususkan bagi pasien masyarakat Lebak yang kesulitan mendapatkan pengobatan di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) Jakarta.

“Rumah Singah Sehati Lebak Peduli itu berawal dari ide teman-teman Relawan Sehati dalam membantu penanganan pasien rujukan dari Kabupaten Lebak, mereka harus punya tempat tinggal di daerah rumah sakit rujukannya, sedangkan kondisi ekonomi mereka belum tentu bisa menyewa kamar kos atau penginapan. Nah, kita fasilitasi di sini,” kata Kiki Fahrurozi Ketua Relawan Sehati, di RSUD Adjidarmo, Selasa (26/2/2019).

Kiki menjelaskan, rumah singgah juga memberikan fasilitas lain secara cuma-cuma, seperti tempat tinggal, makan, dan didampingi hingga ke rumah sakit.

Fraksi serang
Fraksi

“Jadi kita punya relawan untuk mendampingi mereka ke rumah sakit. Pendampingan semacam itu dirasa sangat penting untuk menghadapi kondisi rumah sakit saat ini,” ujar Kiki.

Kiki juga menambahkan, berdirinya rumah singgah di kawasan RSCM adalah sebagai bentuk kepedulian Bupati dan Wakil Bupati Lebak terhadap masyarakatnya dan ini adalah hadiah terindah bagi gerak giat Relawan Sehati selama 4 tahun berjalan sesuai janji Bupati beberapa waktu lalu.

“Untuk dapat menggunakan fasilitas Rumah Singgah Sehati Lebak Peduli, semuanya secara cuma-cuma serta syaratnya terbilang mudah, namun demikian, tetap masih ada kekurangan. Fasilitas di dalam rumah singgah belum lengkap bahkan belum memiliki kasur, kursi roda dan lain sebagainya yang dapat menopang  kebutuhan fasilitas pasien, maklum rumah singgah itu baru serah terima kunci Jumat kemarin,” ucap Kiki.

Diketahui, Rumah Singgah Sehati berada di Jl. Kramat Lontar 3, Paseban Jakarta Pusat. Status dari Rumah Singgah Peduli Lebak Sehat yang ada di Jakarta dekat RSCM tersebut masih berstatus kontrak selama 1 tahun. (*/sandi)

Gerindra kuswandi