Seren Tahun Adat Kasepuhan Cisungsang 2021 Digelar Secara Sederhana

LEBAK -Seren Tahun Adat Kasepuhan Cisungsang tahun 2021 digelar pada hari Minggu (5/6/201) secara sederhana, bertempat di pendopo rumah adat kasepuhan Cisungsang. Kampung Cisungsang, Desa Cisungsang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak – Banten.

Seren Tahun merupakan sebuah upacara adat turun temurun yang dilakukan setelah panen padi. Upacara ini dilakukan setiap tahun secara rutin, dan diikuti seluruh warga desa. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, semuanya ikut ambil bagian dalam upacara tersebut.

Namun ada yang berbeda di acara Seren Tahun kali ini, sejak adanya pandemi Covid-19, adat kasepuhan Cisungsang mengelar Seren Tahun secara sederhana dan dibatasi hanyah di ikiti kurang dari 25 persen pengunjung, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, guna mengantisipasi penularan virus covid19.

Dalam kesempatan itu Kasepuhan adat Cisungsang A.Usep Suyatma, Sr, yang akrab di sapa Abah Usep, kepada awak media mengatakan bahwa acara seren taun di tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana, hanya 25 persen saja. Sehingga acara yang dilaksanakan saat ini tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya.

“Karena mengingat di masa PPKM, acara ini dilaksanakan tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya. Kami juga sudah berkoordinasi dulu dengan pihak kecamatan, untuk meminta petunjuk dan arahan,” kata A. Usep Suyatma.

Lanjut Abah Usep, kami mengikuti aturan pemerintah, tentang Prokes dengan ketat dimasa pandemi Covid-19 ini. Setelah itu baru kami mengadakan acara ini, atas petunjuk dari petugas tentang aturan protokol kesehatan (Prokes) yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Untuk itu kami melaksanakan acara sereen tahun adat Kasepuhan Cisungsang di tahun 2021 ini, hanya sekitar dibawah 25 persen tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Abah Usep juga mengajak kepada semua masyarakat adat Cisungsang agar bisa menjaga protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di wilayah adat kasepuhan Cisungsang.

“Saya seleku ketua adat kasepuhan Cisungsang, juga mengajak kepada masyarakat Cisungsang agar bisa mengikuti vaksinasi, supaya kita sehat dan terhindar dari paparan virus Corona,” tutup Abah Usep.

Sementara Kabid Pemasaran, Diki Ginanjar yang mewakili Kadis Pariwisata Kabupaten Lebak saat di konfirmasi awak media mengatakan, Dispar mendukung adanya kegiatan Seren tahun yang dilaksanakan masyarakat adat Kasepuhan Cisungsang, di tahun 2021 ini, dirinya mengatakan bahwa acara Seren Tahun di tahun 2021 hanya sekitar 25 persen saja.

“Acara seren taun di tahun 2021 ini seperti apa yang dikatakan oleh Abah Usep yang kapasitasnya hanya 25 persen saja,” kata Diki Ginanjar.

Kegiatan seren taun ini tambahkan Diki , adalah suatu tradisi leluhur, salahsatu bentuk syukur masyarakat adat kepada sang pencipta (Allah Swt), atas hasil panen yang diperoleh, dan akan dimulainya masa cocok tanam baru. Mereka meminta perlindungan dari Allah, dari serangan-serangan hama misalnya, atau dari hal yang tidak di inginkan yang akan menghambat kelancaran proses cocok tanam itu.

“Kami sangat mendukung acara kegiatan Seren Taun ini, walapun acaranya digelar secara terbatas,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut A. Usep Suyatma S.r selaku Ketua Adat kasepuhan Cisungsang, Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayendra S,IK, M,I.K , Dandim 0603/ Lebak Letkol Inf Nur Wahyudi, Asda 1 Provinsi Banten, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata (Kabid) Kabupaten Lebak Diki Ginanjar, Anggota DPRD Lebak Agus Suhendar, Camat Cibeber Haerudin, Kepala Desa Cisungsang Edi, dan masyarakat adat Cisungsang yang hadir di acara seren taun tersebut dengan mengikuti aturan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. (*/Red)

Demokrat
Royal Juli