Wujudkan Ketahanan Pangan, KKM 46 Untirta Gelar Sosialisasi di Lebak

Gerindra Nizar

 

LEBAK – Kelompok 46 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) turut berpartisipasi dalam pembangunan di bidang pertanian melalui kegiatan sosialisasi dan seminar bersama dengan tema ‘Pengenalan berbasis Hydroponic dan Ketahanan Pangan dengan Diversifikasi’, Minggu (22/01/2023).

Kegiatan tersebut berlokasi di tempat Tim KKM 46, Desa Cikeusik, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Fraksi serang

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian acara yang berkaitan dengan hidroponik dan ketahanan pangan.

Diketahui, acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Cikeusik Enjang Palah, Ketua Gabungan Kelompok Tani Roni, dan Ketua UPT Pertanian Kecamatan Wanasalam.

Diawal, kegiatan tersebut diisi dengan materi sosialisasi hidroponik yang disampaikan oleh mahasiswa kelompok KKM-46 yakni Muhammad Najib Chaniago dari Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Lalu kemudian dilanjutkan materi kedua tentang diversifikasi, yang disampaikan oleh mahasiswi Wirasti Wida Utami dari Fakultas Pertanian Untirta juga.

“Semoga yang saya sampaikan dapat diterima dengan baik, karena hidroponik bisa menjadi produk yang memiliki daya jual tersendiri, maka dapat membuka peluang usaha baru,” kata Najib selaku pemateri.

Diwaktu yang sama, Sulaeman sebagai Ketua Tim KKM 46 Untirta mengatakan bahwa sosialisasi pada kali ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi Desa Cikeusik.

Fraksi

“Sosialisasi ini diharapkan tidak hanya memberi pengetahuan semata namun juga dapat membawa manfaat dan diterapkan oleh masyarakat di Desa Cikeusik agar menjadi desa yang jauh lebih baik,” kata Sulaeman selaku Ketua Tim KKM 46 Untirta.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat dan aparatur Desa Cikeusik yang telah menyempatkan hadir dalam acara sosialisasi tersebut.

“Semoga Desa Cikeusik yang sekarang sudah maju mudah-mudahan semakin terus maju dan semakin sejahtera, dan semoga masyarakat dapat mengimplementasikan dari apa yang kami sampaikan,” imbuhnya.

Dijelaskan oleh, kegiatan itu bersinergi dengan beberapa pihak seperti UPT Pertanian Kecamatan Wanasalam dan beberapa pihak lain yang membantu mensukseskan acara tersebut.

Rudi dari UPT Pertanian Kecamatan Wanasalam mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bagus guna menunjang ketahanan pangan yang ada di Kecamatan Wanasalam khususnya.

“Sosialisasi hidroponik, dan ketahanan pangan ini sangat bagus, terutama aplikasi ke lapangan nanti yang menjadi tantangan bagi mahasiswa/i KKM Tematik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Kelompok 46 di Desa Cikeusik ini,” pungkasnya.

Disamping itu, mewakili Kepala Desa, Yana sebagai Sekretaris Desa Cikeusik Kecamatan Wanasalam mengucapkan terimakasih sekaligus apresiasi kepada Tim KKM 46 yang sudah memberikan sosialisasi yang bermanfaat.

Lebih lanjut Yana juga mengatakan bahwa sebelumnya di Kecamatan Wanasalam, warganya sudah diberikan sosialisasi dan himbauan untuk meningkatkan ketahanan pangan seperti dengan cara menanam cabai.

“Kami mohon maklum apabila pelayanan kurang baik dalam kegiatan yang dilaksanakan hari ini, acaranya sangat bagus dan pemaparan materi yang dilakukan mahasiswa dapat mudah dimengerti oleh masyarakat, kemudian untuk program pemerintah yang sudah berjalan terkait pertanian yaitu mengajak masyarakat menanam cabai disetiap rumahnya masing-masing,” jelasnya. (*/Hery)

Gerindra kuswandi