Impian AMIN Menang di Banten Terkubur, Pendukung Prabowo Mengakar?

Loading...

SERANG – Harapan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bisa menang di Provinsi Banten telah terkubur. Sebab, perolehan suara AMIN masih di bawah Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Berdasarkan formulir D Hasil tingkat Provinsi Banten, AMIN hanya memperoleh 2.451.383 suara atau sekitar 33 persen dari total pengguna hak pilih di Provinsi Banten sebanyak 7.422.507 orang.

Jumlah suara AMIN itu masih kalah jauh dari Prabowo-Gibran yang meraup 4.035.052 atau sekitar 54,3 persen. Kemenangan Prabowo-Gibran ini tersebar di delapan kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul mengungkapkan, kemenangan Prabowo-Gibran di Provinsi Banten bukan tanpa sebab. Ia menyebut pendukung Prabowo di Banten mengakar hingga akar rumput.

“Akar grassroots di Banten ini kalau soal Prabowo mengakar, 2014 menang, 2019 menang, 2024 hattrick Prabowo,” ujar Adib saat dikonfirmasi, Sabtu, (16/3/2024).

Diketahui, Pilpres 2024 menjadi kemenangan ketiga kali bagi Capres Prabowo Subianto di Provinsi Banten. Bahkan Pilpres kali ini Capres nomor urut 2 itu dipastikan keluar sebagai pemenangnya.

Kemenangan Prabowo bukan kali ini saja, tercatat dalam keikutsertaannya sebagai Capres pada tahun 2014 dan 2019 lalu, Prabowo Subianto tak pernah tumbang di Banten.

Menurut Adib, meski perolehan kursi partainya tak sebanyak saat Pemilu 2019 di Banten, Prabowo masih bisa mempertahankan kemenangan di tanah jawara.

Terpisah, Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Banten, Andra Soni mengaku bersyukur dengan kemenangan Prabowo-Gibran di Provinsi Banten. Andra menyebut, kemenangan Prabowo adalah bukti kuat dukungan masyarakat Banten.

Sesungguhnya Korwil TKD Prabowo-Gibran Provinsi Banten ini meyakini bila Capres-Cawapres nomor urut 2 itu akan menang di Provinsi Banten.

Berbeda dengan Andra, Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten, Gembong R Sumedi sempat menargetkan kemenangan AMIN hingga mencapi 70 persen di Provinsi Banten.

Bahkan Presiden PKS Ahmad Syaikhu hingga Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga pernah mengaku optimis bila pihaknya bisa menang di Provinsi Banten.

Presiden PKS sempat menargetkan kemenangan 80 persen untuk pasangan AMIN di Provinsi Banten pada Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Syaikhu usai menghadiri kampanye akbar PKS Banten, di Lapangan Kaduhejo, Pandeglang, Sabtu, (27/1/2024) lalu.

Syaikhu mengklaim bila Provinsi Banten merupakan lumbungnya PKS. Sebab itu kata dia, wajar bila pihaknya menargetkan AMIN menang 80 persen di Provinsi Banten.

“Di Jawa Barat komitmennya ingin memenangkan 80 persen. Banten sebagai lumbung PKS mudah-mudahan bisa disetarakan dengan Jawa Barat 80 persen,” ujarnya. (*/Faqih)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien