Pemerintah Uji Coba Aspal Scrap Bahan Baku Plastik

Gerindra Nizar

JAKARTA – Pemerintah tengah melakukan uji coba terhadap tiga alternatif bahan baku pembuatan aspal yaitu skrap baja, skrap karet, dan skrap bahan baku plastik. Penelitian mengenai aspal skrap bahan baku plastik telah dimulai sejak 2008 dan baru diimplementasikan pada 2017.

Seperti diketahui, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. telah menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Kota Cilegon dalam pembangunan jalan raya sejauh 10 Km menggunakan aspal plastik. Perseroan menyatakan akan terus mengajak sektor swasta maupun pemerintah daerah dalam negeri dalam pembangunan jalan menggunakan aspal plastik.

Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi Taufiek Bawazier mengatakan menyatakan bahwa penggunaan skrap bahan baku plastik sebagai aspal skrap bahan baku plastik tidak bisa mengurangi jumlah sampah plastik. Namun demikian, lanjutnya, kementerian mengapresiasi insiasi tersebut.

Fraksi serang
Fraksi

“Akan tetapi, penggunaan aspal skrap bahan baku plastik secara massal harus melalui uji keselamatan terlebih dulu,” ujarnya.

Taufiek mendorong penggunaan aspal skrap bahan baku plastik untuk jalan di perumahan dan jalur pedestrian.

“Kalau untuk pengurangan sampah, itu tergantung. [Jika digunakan untuk] jalan yang digunakan untuk publik yang digunakan mobil umum atau transportasi umum yang banyak penumpang, itu harus diuji safety-nya dulu,” paparnya. (*/Bisnis.com)

Gerindra kuswandi