150 Nelayan Pandeglang Diberi Pelatihan Service Kapal 15 PK, Ini Harapan Bupati

Dprd ied

 

PANDEGLANG – Sebanyak Seratus Lima Puluh orang nelayan diberi pelatihan service kapal 15 Paardenkracht (PK) yang dipusatkan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pandeglang Kecamatan Labuan, Rabu (9/8/2023).

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan dengan pelatihan ini akan ada transfer ilmu terkait perawatan mesin perahu bagi para nelayan.

“Materi yang disampaikan dapat membuka wawasan nelayan terhadap perkembangan teknologi permesinan kapal ikan yang lebih maju dan ramah lingkungan,” ungkap Bupati Irna pada kegiatan pelatihan perawatan service mesin kapal 15 PK.

Dengan adanya transfer ilmu diharapkan Irna akan menjadikan nelayan handal yang dapat meningkatkan produksi ikan tangkapan.

“Hasil optimal kesejahteraan nelayan meningkat, karena luas laut di Pandeglang hampir setengahnya laut yang ada di Provinsi Banten,” terangnya.

dprd tangsel

Kepala Dinas Perikanan Budi S Januardi mengatakan, dari pelatihan ini kemampuan dan kemandirian nelayan akan meningkat.

“Para nelayan tidak lagi tergantung pada pihak lain jika ada kerusakan, karena sudah mempunyai daya saing dan keterampilan mandiri,” kata Budi.

Dikatakan Budi, peserta akan diberikan pengetahuan tentang pengenalan teknologi permesinan kapal, jeni mesin penggerak kapal, jenis kerusakan dan teknik mendiagnosa kerusakan yang terjadi.

“Nelayan akan mengetahui bagaimana teknik perawatan mesin secara berkala dan terencana,” ungkapnya.

Selanjutnya Budi menyampaikan, pada kesempatan tersebut diberikan bantuan mesin kapal 15 PK dan 30 PK yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Bantuan kapal 30 PK diterima oleh 4 kelompok usaha bersama, sedangkan bantuan kapal 15 PK diterima oleh 2 koperasi dan 20 kelompok usaha bersama,” pungkasnya. (*/Gus)

Golkat ied