Cegah Wabah Penyakit Pasca Bencana, Puskesmas Panimbang Gelar Germas

Dprd

PANDEGLANG – Puskesmas Panimbang, menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat, di kawasan Cikadu, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Rabu (29/1/19). Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya yang terdampak bencana tsunami dalam menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kegiatan yang dilangsungkan sejak pukul 7.00 WIB, diikuti oleh 400 peserta dari berbagai unsur yang ada di wilayah Kecamatan Panimbang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, RD Dewi Setiani, Camat Panimbang, Suaedi Kurdiatna, Kepala Puskesmas Panimbang, Endang Mulyadi, para Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Panimbang serta ratusan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Panimbang, Endang Mulyadi mengatakan, kegiatan Germas yang dilakukan tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjalankan hidup sehat. Apalagi kata Endang, wilayah Pandeglang ini terdampak tsunami selat sunda yang terjadi beberapa waktu lalu. Jadi untuk mencegah wabah penyakit pasca bencana, masyarakat sangatlah perlu diberikan pemahaman tentang hidup sehat.

“Sengaja Germas ini kita lakukan di Cikadu. Karena wilayah ini adalah yang terdampan tsunami, maka dari itu melalui kegiatan ini menerapan pola hidup sehat bagi masyarakat Panimbang, khususnya di Desa Tanjungjaya lebih meningkat,” ungkapnya.

Sankyu rsud mtq
Dede pcm hut

Menurut Endang, dalam kegiatan itu, masyarakat diberikan pemahaman tentang perilaku hidup sehat. Yaitu melakukan kegiatan fisik, seperti rajin berolahraha, mengkonsumsi buah-buahan, sayuran serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

“Intinya Germas ini untuk mendorong partisifasi masyarakat dalam perilaku hidup sehat,” katanya.

Menurutnya, perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern ini menjadi salah satu dasar dilakukannya Germas. Karena Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

“Aksi Germas ini juga diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai unsur. Mulai dari sejumlah lembaga yang ada di wilayah Panimbang serta unsur masyarakat lainnya,” tutur Endang.

Di tempat yang sama, Camat Panimbang, Suaedi Kurdiatna mengajak kepada semua masyarakat Panimbang untuk berprilaku hidup sehat. Karena kesehatan itu sangat penting. Camat juga berharap, melalui Germas itu prilaku hidup sehat di kalangan masyarakatnya terus meningkat.

“Saya mengajak kepada semua masyarakat Panimbang, untuk membiasakan prilaku hidup sehat. Agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit,” tukasnya. (*/Achuy)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien