Peringati Hari AIDS Sedunia, HMJ Kesmas UNMA Banten Edukasi Siswa dan Mahasiswa

 

PANDEGLANG – Dalam rangka Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2023, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kesehatan Masyarakat, Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) Banten melakukan seminar mengedukasi siswa dan mahasiswa tentang bahayanya Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome.

Siti Nur Ramdaniati, Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat UNMA Banten, di Kabupaten Pandeglang berdasarkan data yang didapat bahwa sepanjang tahun 2023 ini sudah ada penambahan 100 kasus baru HIV/AIDS dengan persebaran terbanyak di Kecamatan Cimanggu, Sobang dan Panimbang.

Serta penularan terbanyak disebabkan oleh seks di kalangan LGBT dan seks bebas (PSK).

Advertorial

Advertorial

Hal ini tentunya perlu perhatian lebih dari pihak terkait agar kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang dapat ditanggulangi dengan optimal.

“Selain kegiatan edukasi ke remaja tingkat SLTA, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kesehatan Masyarakat berkolaborasi dengan UKM PIK-R UNMA Banten juga mengadakan kegiatan sosialisasi dan kampanye HIV/AIDS pada tanggal 1 Desember 2023 yang berpusat di Alun-Alun Menes, Pandeglang. Dalam aksinya, mahasiswa melakukan edukasi ke masyarakat sekitar alun-alun dengan membagikan media leaflet, memasang pita merah dan menempel poster edukasi di tempat-tempat strategis,” paparnya, Minggu, (3/12/2023).

Irgi mahasiswa kesehatan masyarakat mengatakan lewat kegiatan ini pihaknya ingin menyampaikan bahwa edukasi ini dilakukan agar masyarakat bisa berhati-hati dengan penyakit ini.

“Kami harap ini bisa menjadi pencerahan bagi masyarakat dan rem sehingga bisa menjauhi hal – hal yang mendekati penyakit tersebut dan lebih fokus pada gaya hidup sehat,” katanya. (*/Gus)