Sambil Hujan-hujanan, Bupati Pandeglang Sebut Pemprov Banten Kurang Respon

PANDEGLANG – Aksi Bupati Pandeglang Irna Narulita yang berjalan menembus hujan sampai basah saat meninjau saluran air (drainase) di pasar Badak Pandeglang, Rabu (29/09/2021). Kegiatan tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, karena setiap turun hujan sering terjadi banjir di wilayah pasar tersebut.

“Pembangunan saluran air (drainase) di kawasan pasar Pandeglang ini sebenarnya kewenangan Pemprov Banten, bukan kewenangan Pemkab Pandeglang, akan tetapi setiap kami usulkan beberapa tahun yang lalu tidak ada tindaklanjutnya dari Gubernur Banten,” kata Irna.

Menurut Irna, walaupun jalan dan drainase di pasar Pandeglang ini merupakan kewenangan Pemerintah Banten, namun sampai sekarang kurang ada respon, tidak apa-apa-lah dirinya memaklumi, Irna mengaku permasalahan ini akan diselesaikan sendiri, karena Pasar Pandeglang ini mukanya Pemerintah daerah, setiap kali banjir, Bupati yang disalahkan.

“Padahal dalam hal ini tanggung jawab Pemprov Banten, tapi biarlah untuk menyelesaikan permasalahan ini Pemkab Pandeglang telah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, Inysaallah bulan Desember akan ditenderkan pembangunannya sepanjang 1,4 kilo meter sebelah kanan dan kiri pasar Pandeglang dan mudah-mudahan di awal tahun sudah proses pembangunannya,” paparnya sambil hujan-hujanan.

Lebih lanjut Ia mengatakan Pemkab Pandeglang selama ini bukan mengabaikan apa yang terjadi, karena Pemerintah daerah terkendala oleh anggaran yang terbatas dan sedang fokus terhadap pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah daerah, ditambah jalan dan drainase yang berada di Pasar Pandeglang ini merupakan tupoksi Pemprov Banten.

“Akan tetapi kami berkomitmen untuk menangani permasalahan ini dan berharap pembangunannya bisa terselesaikan dengan baik,“ pungkasnya. (*/Oriel/Gus)