DPRD Kabupaten Serang Dorong Perumda Tirta Al-Bantani Tingkatkan Pelayanan Air Bersih

Loading...

SERANG – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Serang Agus Wahyudiono mendorong BUMD Perumda Tirta Al-Bantani dalam meningkatkan pelayanan air bersih.

Menurutnya, Perumda Tirta Al-Bantani merupakan salah satu BUMD Kabupaten Serang yang masih sehat dan terus melakukan peningkatan fasilitas.

“Komisi III DPRD Kabupaten Serang bermitra dengan OPD-OPD salah satunya BUMD yaitu Perumda Tirta Albani untuk pelayanan air bersih, ini salah satu BUMD kita yang dikatakan sehat dan masih dalam tahap naik kelas, dalam hal ini tingkatan pelayanannya,” ujar Agus kepada Fakta Banten, Rabu (8/5/2024).

Menurutnya, bentuk dukungan yang dilakukan DPRD Kabupaten Serang yakni dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) Percepatan Infrastruktur Air Minum dan Air Bersih di Kabupaten Serang.

“Salah satu yang sudah dikerjakan oleh teman-teman di dewan membuat Perda, mendorong percepatan ini baik untuk layanan masyarakat maupun swasta (industri),” ungkapnya.

PCM

Dengan adanya Perda tentang Percepatan Infrastruktur Air Minum dan Air Bersih ini, diharapkan BUMD Kabupaten Serang Perumda Tirta Al-Bantani dapat meningkatkan keuntungan perusahaan, sehingga mampu memberikan sumbangan kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemerintah Kabupaten Serang.

“Dengan harapan (Perumda Tirta Al-Bantani-red) akan memberikan dividen dan meningkatkan PAD kepada pemerintah daerah,” tegasnya.

Tidak hanya itu, untuk menunjang infrastruktur air bersih, DPRD Kabupaten Serang telah menganggarkan Rp 5 Miliar untuk pembangunan infrastruktur air bersih.

“Kemarin kita dorong untuk percepatan pembangunan infrastruktur pipa saluran air kita alokasikan dana untuk pemasangan itu Rp 5 Miliar di 2024,” jelas Agus.

“Anggaran tidak cukup dari pemerintah Kabupaten Serang saja, kita berharap dari Perumda Tirta Al-Bantani juga berupaya mencari sumber (Anggaran-red) lain dari pihak ke tiga, dari BBWS, dengan Pemerintah Pusat, sehingga inovasi dalam bentuk layanan kerjasama untuk pelayanan air di Kabupaten Serang lebih baik ke depannya,” pungkas Agus. (*/ADV)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien