Dprd kanal

Bawa Mobil Pusling, Pramuka Untirta Gelar Pengabdian di Kasemen

Loading...

 

SERANG – Gerakan Pramuka Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar acara pengabdian (Tarubhara) di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Sabtu, (29/7/2023).

Pramuka Untirta berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang mengundang perpustakaan keliling ke SDN Kasunyatan.

Kehadiran perpustakaan keliling di sambut meriah oleh para siswa SDN Kasunyatan yang langsung berebutan buku bacaan setelah mobil perpustakaan keliling di buka.

Ketua Dewan Racana Siti Nurasiah menyampaikan bahwa perpustakaan keliling ini menjadi salah satu alternatif bagi siswa untuk mendapatkan bahan bacaan yang lebih variatif tanpa mereka harus datang ke perpustakaan Kota yang jaraknya cukup jauh dari lokasi sekolah.

“Meskipun kehadiran perpustakaan keliling ini terbatas, Semoga dengan adanya pusling ini dapat memberikan manfaat besar bagi siswa yang mungkin tidak memiliki akses mudah ke perpustakaan kota, dengan hadirnya perpustakaan keliling di sekolah ini siswa bisa mendapat bahan bacaan yang lebih beragam,” ucapnya.

PCM

“Perpusling ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan edukasi bagi para siswa di SDN Kasunyatan, melihat semangat dan antusias siswa ketika perpustakaan keliling ini hadir di sekolah mereka, semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut agar tingkat literasi siswa lebih baik lagi kedepannya,” tambahnya.

Kepala Sekolah SDN Kasunyatan, Euis Sri Hartati mengungkapkan rasa bahagia atas kehadiran perpustakaan keliling di sekolahnya, meski bukan kali pertama, akan tetapi momentum perpustakaan keliling di sekolah selalu di nantikan oleh para siswa karena jarang sekali perpustakaan keliling hadir di sekolah SDN Kasunyatan.

“Alhamdulillah, terimakasih sudah mampir kemari terimakasih atas kehadiran nya. Kita kan kalo untuk ke perpustakaan yang kota kan jauh, jadi dengan adanya perpustakaan keliling Alhamdulillah jadikan setidaknya anak juga antusias. Bukan hanya kelas 5 saja tapi kelas bawah juga antusias, jadi karna memang jarang ada ya gitu. Jadi kalau bisa sering-sering aja,” ucap Sri.

Terakhir, Kepala SDN Kasunyatan berharap dengan adanya Perpustakaan keliling ini menjadi pendorong minat baca siswa dan juga meningkatkan literasi numerasi siswa di sekolah.

“Insya Allah semoga adanya literasi ini anak anak antusias , karna untuk sekarang ini anak anak literasi nya kurang jadi hanya cuman bisa baca tapi ga faham sama apa yang dibaca. Mungkin dengan adanya literasi ini setidaknya anak itu tertarik untuk membaca, karna terkadang anak anak susah untuk membaca,” ujarnya.

“Faktornya banyak ya karena ada yang ga bisa baca, malas membaca dan lain sebagainya, kedepannya anak literasinya lebih baik karna itu harapan utama dan dengan adanya pusling ini anak lebih bervariasi membaca buku, jadi bisa mengenal banyak buku, setidak nya menarik anak untuk mau membaca buku. intinya meningkatkan literasi anak sesuai dengan program sekolah”. pungkasnya. (*/Fachrul)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien