BPS Catat Pertumbuhan Ekonomi Banten Naik 1,91% di Triwulan II 2019

Lazisku

SERANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten merilis pertumbuhan ekonomi di Banten untuk triwulan II pada 5 Agustus 2019 lalu, dimana pertumbuhan ekonomi secara Q-to-Q (quarter to quarter) tumbuh 1,91 persen dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Kasi Neraca Produksi BPS Banten, Hendro Prayitno kepada faktabanten.co.id, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/8/2019).

“Pertumbuhan ekonomi triwulan II secara quarter to quarter tumbuh 1,91 persen, dibanding dengan triwulan sebelumnya,” ucap Hendro.

Ks
Kpu

Menurutnya, pertumbuhan tersebut dipicu adanya akselerasi yang lebih tinggi di beberapa lapangan usaha daripada triwulan sebelumnya.

“Ini dipicu adanya pertumbuhan beberapa lapangan usaha yang tumbuh lebih cepat dibandingkan yang lain, seperti di sektor pemerintahan,” ungkapnya.

Menurut data BPS Provinsi Banten, pertumbuhan terjadi pada semua lapangan usaha, kecuali pengadaan listrik dan gas, serta jasa keuangan dan asuransi. Sementara, administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial menjadi faktor pertumbuhan ekonomi dengan capaian tertinggi yakni 5,30 persen.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, komponen konsumsi pemerintah meningkat sebesar 24,30 persen. (*/Qih)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien