DPMD Banten Harap PLD Dampingi dan Bantu PemDes, Bukan Sibuk Mengawasi

Gerindra Nizar

SERANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Banten meminta kepada para Pendamping Lokal Desa (PLD) se-Banten untuk lebih memahami tugasnya agar lebih mampu memdampingi serta membantu pemerintah desa.

Demikian yang disampaikan Kabid Pemberdayaan Desa, DPMD Banten, Teti Elwati kepada seluruh PLD se-Banten saat gelaran acara sosialisasi tugas dan fungsi PLD, Rabu (26/6/2019), di Aula DPMD Banten.

“PLD hadir bukan untuk mengawasi desa, melainkan untuk memfasilitasi dan mendampingi serta membantu pemerintah desa dalam mengimplementasikan UU nomor 6 tahun 2014,” tegas Teti.

Fraksi serang

“Apalagi, PLD ada sejak tahun 2015 untuk mengawasi dana desa,” imbuhnya.

Fraksi

Untuk itu, Teti pun berharap kepada pemerintah desa untuk selalu terbuka dalam setiap kegiatan baik yang sudah, sedang atau yang akan dilaksanakan oleh desa agar PLD bisa hadir dalam membantu para Kepala Desa dalam memahami dana desa.

Kepada para PLD di Banten, Teti meminta agar PLD yang bersentuhan langsung dengan pemerintah desa untuk lebih meningkatkan pengetahuan dalam memahami tugas dan fungsinya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dan kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitasnya.

“Para PLD ini tugasnya sangat berat sekali dibanding PD (Pendamping Desa -red), karena PLD turun langsung ke lapangan. Pertanyaan-pertanyaan dari desa akan langsung ke PLD, maka jangan berhentu belajar untuk meningkatkan pengetahuan. Jangan kalah pintar oleh perangkat desa,” himbaunya.

Sementara itu, PLD Kecamatan Kaduhejo, Rasman Sudibjo menuturkan bahwa masih adanya kepala desa yang belum sepenuhnya terbuka kepada PLD menjadi sedikit kendala bagi PLD dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Kepala Desa masih merasa diawasi oleh PLD, padahal sesungguhnya PLD hadir untuk membantu kerja-kerja kepala desa dan perangkatnya. Jangan sampai ada cerita pemerintah desa menerima PD atau PLD dengan setengah hati,” tandasnya. (*/Ndol)

Gerindra kuswandi