HIMAWAR Dorong Adanya Debat Visi Misi Pilkades di Waringinkurung

Pju

SERANG – Pemerintah Kabupaten Serang telah menetapkan penyelenggaraan Pilkades serentak dilaksanakan di tahun 2021.
Desa yang berada di wilayah Kecamatan Waringinkurung yang akan melaksanakan Pilkades adalah Desa Sukadalem, Desa Sambilawang dan Desa Kemuning.

Ditemui saat kunjungi Kantor Kecamatan Waringinkurung, Himawar mengutarakan maksud dan tujuannya, yaitu mengusulkan agar adanya kegiatan debat kandidat dalam proses agenda Pilkades.

“Adanya debat kandidat antara calon Kepala Desa membuat dinamisasi demokrasi menjadi sangat menarik, karena dengan adanya debat kandidat ini masyarakat bisa langsung menilai calon pemimpinnya untuk kemajuan desa tersebut. Himawar yang menjadi organisasi kemahasiswaan tentu memiliki peran dan fungsi yang besar untuk kemajuan Waringinkurung dan memberikan gebrakan baru kepada Pemerintah Kecamatan untuk mendorong dan melaksanakan debat kandidat calon kepala desa yang ada di kecamatan Waringinkurung,” ujar Naufal Rohman, Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Waringinkurung (Himawar) kepada Fakta Banten, Selasa (27/4/2021).

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Umum Himawar, M. Toyibul Kirom menekankan pentingnya debat kandidat dalam proses Pilkades di Waringinkurung.

“Oleh sebab itu kami pandang perlu untuk pemaparan visi dan misi disertakan tanya jawab sebagai bentuk proses demokrasi yang sehat di masyarakat, agar masyarakat bisa menilai sosok kepala desa yang mampu mengemban amanahnya selama menjabat satu periode ke depan,” pungkasnya.

Plt. Camat Waringinkurung, Asrap menyambut dengan terbuka inisiatif rekan-rekan Himawar untuk mengadakan debat terbuka terkait visi-misi calon Kepala Desa.

“Inisiasi dari Himawar yang menginginkan adanya debat kandidat calon kepala desa ini sangat luar biasa untuk menciptakan demokrasi yang jujur dan adil. Adanya Himawar bisa mendorong penyelenggara untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pesta demokrasi ini sangat penting untuk kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya. (*/Red/Rizal)

Royal wedding