Pemkab Serang Pastikan Kawasan Wisata Pantai Anyer-Cinangka Aman

Dprd ied

 

SERANG – Destinasi wisata Pantai Anyer-Cinangka Kabupaten Serang, masih menjadi favorit para wisatawan baik dalam maupun luar daerah untuk mengisi liburan.

Terlebih, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memastikan pada momen libur Hari Raya Idhul Fitri 1445 Hijriyah kondisi Anyer-Cinangka aman dan nyaman.

Kepastian tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna usai Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang dan Pemkab Serang di Pisita Anyer Resort, Selasa, (2/4/2024).

Turut hadir Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Anas Dwi Satya Prasadya, perwakilan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Tim Pos Pengawas Gunung Anak Krakatau (GAK), unsur Muspika Kecamatan Anyer-Cinangka, OPD terkait dan tokoh masyarakat setempat.

”Rakor ini kaitannya persiapan untuk mengantisipasi libur Lebaran 2024, juga memastikan kepada seluruh masyarakat bahwa kondisi Anyer-Cinangka aman dan nyaman untuk mengisi liburan lebaran,” ucap Nanang.

Nanang mengatakan, kepastian kondisi Anyer-Cinangka aman dan nyaman pada liburan lebaran mendatang seperti yang disampaikan pihak BMKG Serang jika cuaca dalam kondisi aman.

”Sampai lebaran cuaca Insya Allah aman ombak juga tidak terlalu besar, hujan tidak besar karena masih pancaroba,” katanya.

Kemudian untuk kondisi Gunung Anak Krakatau atau GAK, sebut Nanang, juga dalam level aman hanya kepulan asap tentunya dalam koridor aman.

dprd tangsel

”Jadi bagi masyarakat yang ingin liburan di Pantai Anyer-Cinangka aman untuk berwisata,” terangnya.

Disisi lain, sambung Nanang untuk kondisi lalu lintas pun dipastikan lancar. Karenanya, antisipasi sudah dilakukan koordinasi baik Polres Cilegon, Polda Banten, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang maupun Provinsi Banten.

”Besok (hari ini) kita Forkopimda juga menggelar rakor untuk menjamin kenyamanan bagi para wisatawan, sehingga Anyer-Cinangka aman dan nyaman,” jelas Nanang.

Sementara Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasetya menargetkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Serang selama Tahun 2024 mencapai 2 juta wisatawan, bukan hanya di wilayah Anyer-Cinangka namun mulai dari wilayah Serang Timur dan Serang Barat.

Mengingat destinasi wisata bukan hanya Pantai Anyer-Cinangka ada Wondrland Anyer, D’Mangku, Waru Wangi dan desa-desa wisata di wilayah Serang timur.

”Untuk Anyer-Cinangka kunjungan wisatawan setiap tahunnya mengalami peningkatan mencapai 100 ribu wisatawan sejak Tahun 2022 sampai 2023. Sedangkan untuk target libur lebaran tahun ini sebanyak 530 ribu wisatawan untuk wilayah Anyer-Cinangka, mudah-mudahan tercapai,” ujarnya.

Adapun untuk wisatawan, sebut Anas, masih didominasi dari lokal ada juga dari Jabodetabek termasuk Depok, Bogor.

”Destinasi wisata Pantai Anyer-Cinangka hingga kini masih menjadi magnet bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah,” jelas Anas.

Ketua BPC PHRI Kabupaten Serang, Yurlena Rachman siap menyambut para wisatawan yang mengisi liburan di Anyer dan Cinangka. Adapun untuk pemesanan atau boking hotel pada H plus 2 lebaran sudah mencapai 50 sampai 70 persen.

“Intinya kami siap menyambut para wisatawan, pastinya dengan menjamin keamanan dan kenyamanannya saat berlibur,” ujarnya. (*/Fachrul)

Golkat ied