Dprd kanal

Universitas Bhakti Kencana Serang, Gagas Wisata Religi Nyi Mas Panca Inten

Loading...

 

SERANG – Universitas Bhakti Kencana (UBK) Serang menggelar pengabdian kepada masyarakat di Desa Purwadadi, Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, bertajuk “Pelatihan Tata Kelola Media Sosial bagi Pengembangan Wisata Religi Nyi Mas Panca Inten dan Kiai Asy’ari Jampalaon” (8/11/2023).

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menggagas pengembangan wisata religi Nyi Mas Panca Inten yang memang selama ini belum dikenal secara luas.

Perlu diketahui bahwa Nyi Mas Panca Inten merupakan salah satu tokoh ulama perempuan Banten ternama yang ikut berkontribusi menyebarkan Islam di tanah Banten pada abad 16 Masehi.

Diketahui Nyi Mas Panca Inten merupakan Bibi dari Sultan Maulana Hasanudin Banten.

PCM

Sementara makam Nyi Mas Panca Inten terletak di antara desa Purwadadi dan Desa Kencana Harapan, Kecamatan Lebak Wangi, jelas pimpinan Pondok Pesantren Salafiyah Raudlotutholibin Al-AsyAriyah, H. Ahmad Juweni Asy’ari

Pengabdian masyarakat ini ingin memperkenalkan makam Nyi Mas Panca Inten sebagai salah satu destinasi wisata religi di wilayah Lebak Wangi Serang. Oleh sebab itu tim pengabdian masyarakat dari UBK Serang mencoba menggagas wisata religi Nyi Mas Panca Inten melalui pemanfaatan media sosial kepada para juru kunci dan pengelola.

Pelatihan ini juga meliputi tata kelola media sosial dan pembuatan konten kreatif untuk kemudian diunggah di media sosial.

Dengan pengabdian ini harapannya dapat mempromosikan wisata religi Nyi Mas Panca Inten agar di kenal oleh masyarakat baik di Banten maupun luar Banten, jelas Trijani Moedjiherwati, M.Kes selaku dosen UBK Serang.

Masih dalam tahapan pengabdian masyarakat, tim UBK Serang juga memberikan pelatihan tentang pemanfaatan daun kelor untuk pembuatan produk makanan bagi para santri yang berasal dari Pondok Pesantren Salafiyah Raudlotutholibin Al-Asy’Ariyah Desa Purwadadi.

“Berbagai program pengabdian masyarakat ini telah dirancang secara berkelanjutan dan inovatif dengan tujuan memberdayakan warga desa dan sekitarnya,” jelas Bekti Handayani, M.KM selaku Kepala LPPM UBK Serang. (*/Red)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien