Didesain Warga Banten, Prangko Cinta Habibie-Ainun Beredar Desember

Jakarta – Kisah cinta Presiden RI ke-3 BJ Habibie dengan Istrinya Ainun (Habibie -Ainun) hasil desain warga Kota Serang, Banten akan diabadikan dalam bentuk prangko oleh PT Thareq Habibie Carbon bekerjasama dengan Pos Indonesia. Prangko edisi khusus hasil desain admin fesbukbantennews.com tersebut mulai beredar akhir 2017.

“Insya Allah Desember sudah ada di masyarakat,” kata Direktur Ritel dan Sumber Daya Manusia Pos Indonesia Ira Puspadewi di Ruang Prangko, Gedung Pos Ibu Kota, Jalan Kesenian, Jakarta Pusat, Senin 9 Oktober 2017.

Pos Indonesia , Senin (9/10/2017) kemarin, menandatangani kerja sama dengan PT Thareq Habibie Carbon untuk penerbitan dan penjualan prangko edisi khusus itu. Prangko bakal dicetak dalam delapan seri.

Seri pertama hingga tujuh dicetak dalam bentuk kertas. Jumlah perangko per seri sekitar 100 ribu lembar, dan per lembar terdiri dari empat keping.

“Sedangkan seri ke delapan hanya emas. Ada 500 keping emas untuk seri delapan,” ujar Ira.

Setiap lembar prangko edisi Habibie-Ainun hasil desain admin dan relawan sosial di fesbukbantennews.com, dilengkapi barcode yang dapat dipindai dan menampilkan kutipan cinta Habinie dan Ainun. Setiap edisi prangko terdiri dari lebih 5.000 foto Habibie-Ainun yang terangkai indah membentuk potret mereka.

“Foto yang dijadikan prangko ini semua tidak pernah dipublikasikan, semua tentang pak Habibe dan bu Ainun dan keluarga, nanti pakai kaca pembesar bisa dilihat,” jelas Ira.

Prangko yang dibuat dalam jumlah terbatas ini melalui proses security printing oleh Peruri. Keluarga Presiden ketiga Indonesia itu memutuskan prangko tak akan dicetak ulang dengan alasan apa pun.

Prangko edisi khusus akan dijual Rp200 ribu per lembar. Pos Indonesia akan membuatkan souvenir khusus dalam pembelian prangko.

“Jadi satu sheet itu Rp200 ribu dapat satu lembar, itu ada empat keping,” ucap Ira.

Dalam perjanjian, Pos Indonesia akan menerbitkan 27.000 ribu keping prangko edisi Habibie-Ainun.

Ira juga mengatakan, Habibie merupakan legenda hidup Indonesia. Mereka merasa terhormat meski niat mengabadikan kisah cinta Habibie-Ainun lewat prangko sangat panjang. Ia bersyukur, keluarga Habibie memberi kepercayaan kepada Pos Indonesia.

Kerja sama kedua pihak meliputi pembuatan desain, tema dan gambar, dan pengaturan serta kesepakatan tentang hak cipta. Prangko juga akan dijadikan koleksi berharga PT Thareq Habibie Carbon dan masyarakat umum.

Prangko dicetak dalam jumlah terbatas dengan nomor seri pada setiap edisi. Prangko Habibie-Ainun akan dicetak dalam tujuh edisi, setiap edisi berisi 1.000 lembar. Setiap lembar berisi empat prangko.

Tak hanya itu, Pos Indonesia akan menerbitkan replika prangko emas Habibie-Ainun. Sebanyak 72 keping replika emas dengan empat desain berbeda akan dicetak. (*)

 

Sumber : Fesbukbantennews.com